Ulasan

Senjata Baru Jokowi Ini Bisa Bikin Lemes Koruptor

Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 2018

TandaPetik.Com – Ibarat sedang menembak, para koruptor adalah sasarannya. Dan, selama ini di era pemerintahan Jokowi, para koruptor sudah dibidik dengan berbagai senjata. Kabar viral terakhir, kali ini Presiden Jokowi  ‘memamerkan’ senjata barunya, yakni Peraturan Pemerintah (PP) No 43 Tahun 2018.

Di dalam PP tersebut, berisi aturan dan tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. PP diteken Presiden Jokowi pada 18 September 2018.

Dengan adanya PP tersebut, Kini pelapor kasus korupsi dan suap bisa mendapat hadiah maksimal Rp 200 juta. Harap diperhatikan, maksimal 200 juta. Artinya bisa saja di bawah itu. Bukan pukul rata. Logikannya, mosok diberi hadiah Rp.200 juta sementara total korupsi yang dilakukan cuma 150 juta, atau persis 200 juta. Rugi dong negara!

Meski demikian, dengan adanya penghargaan tersebut, Seperti yang diharapkan Jokowi, semoga saja partisipasi masyarakat terhadap gerakan melawan korupsi semakin meningkat.

Bagaimana sistemnya? Mungkin hal tersebut banyak menjadi pertanyaan. Jadi, penghargaan akan diberikan kepada pelapor apabila telah diverifikasi tingkat kebenarannya oleh penegak hukum. Penilaian tingkat kebenaran laporan itu dilakukan setelah adanya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atas kasus tersebut. Jadi, jangan asal lapor demi mendapatkan hadiah ya, Sob? Pastikan dulu informasi yang diberikan valid.

Terlepas dari kompensasi pelapor korupsi di atas, PP No 43 Tahun 2018 bisa dikatakan sebagai senjata baru Jokowi untuk menekan aksi korupsi. Apakah akan memberikan dampak yang signifikan? Kita tunggu saja. Semoga saja ampuh!

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

harie insani putra

Penulis kambuhan. Kadang menulis dengan jurus mabuk.

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin