Ziarah Ke Makam Datuk Kelampayan, Ini Yang Dilakukan Andin

  • Whatsapp
Andin Sofyanoo ziarah ke Datuk Kelampayan
Andin Sofyanoo ziarah ke Datuk Kelampayan

Sebagai tokoh yang sangat menjaga adab terhadap para alim ulama, orangtua, bahkan dengan siapa pun, menghormati tidak hanya dilakukan terhadap para tokoh ulama yang masih hidup. Akan tetapi ziarah ke makam tokoh ulama besar atau wali Allah tersebut merupakan bagian dari menghormati dan menjaga adab. Karena sebagaimana disebutkan dalam Alquran, sesungguhnya para wali Allah itu tidaklah mati.

Hal ini sepertinya betul-betul menjadi perhatian khusus bagi bakal calon Bupati Banjar tahun 2020, DR. Andin Sofyanoor,SH.MH. Tak heran, di sela kesibukannya sebagai dosen maupun pengusaha, Andin menyempatkan diri berziarah ke Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjar atau Datu Kelampayan dan Tuan Guru Zainal Ilmi di Komplek Pemakaman Datu Kelampayan di Desa Kelampayan, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Jumat malam (3/10/2019) sekitar pukul 22.00 wita.

Muat Lebih

Malam tadi, suasana makam Datu Kelampayan terlihat sangat lengang, hanya beberapa penjaga makam yang terlihat di ruang tengah. Tak satu pun penziarah lain yang tampak di ruang tersebut. Dengan mengenakan stelan baju koko yang dilapis jaket berwarna kuning, Andin bersama kerabatnya memulai ziarah dengan didahului membaca tawasul serta ayat-ayat suci Alquran.

Usai membaca ayat-ayat suci Alquran, Andin menutup ziarah dengan merenung sejenak di depan makam, sambil menunduk. Kemudian ziarah diteruskan ke makam Tuan Guru Zainal Ilmi yang terletak hanya beberapa meter dari lokasi makam Datu Kelampayan.

Menurut Andin Sofyanoor kepada koranbanjar.net, dengan ziarah dia mengharapkan ridho Allah dan meraih syafaat dari Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.

“Sebetulnya kan para alim ulama, apalagi wali Allah seperti Datu Kelampayan tidak pernah mati. Mudah-mudahan kita semua mendapat syafaat dari Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dan Tuan Guru Zainal Ilmi Dalam Pagar,” ungkapnya.(*)

 

 

Pos terkait