TravelingUlasan

Wisata Danau Seran Banjarbaru, Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui

TandaPetik.ComObjek Wisata Alam di Banjarbaru. Daya tarik wisata Danau Seran di Banjarbaru, Kalimantan Selatan tampaknya semakin diminati. Dari pengamatan TandaPetik.Com, Danau Seran Banjarbaru tak hanya dikunjungi masyarakat Banjarbaru saja, tapi juga mendatangkan kunjungan dari warga kabupaten/kota di Kalsel lainnya, bahkan dari daerah tetangga seperti, Kalteng dan Kaltim. Padatnya kunjungan ke Danau Seran Banjarbaru sangat terasa dihari-hari libur.

Daya Tarik Danau Seran Banjarbaru

Bagi Anda yang akan, sedang berkunjung atau berada di Kota Banjarbaru, tak ada salahnya merencanakan tujuan wisata ke salah satu destinasi wisata di Banjarbaru, yakni Danau Seran yang terletak di kota Banjarbaru, Kalsel.

Objek wisata Danau Seran memiliki daya tarik wisata yang menawarkan keasrian dan keindahan alam khas kalimantan.Di tempat ini, kita akan disuguhkan pemandangan alam yang memesona. Mata Anda akan dimanjakan dengan kesegaran alam, jernihnya air, dan hijaunnya pepohonan.

Tak hanya itu, bagi Anda yang datang bersama keluarga, dan membawa anak kecil, Danau Seran Banjarbaru memiliki beragam fasilitas bermain. Seperti sepeda bebek yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling danau, ayunan, rumah pohon, dan lain-lain.

Saat ini di Danau Seran juga telah dilengkapi fasilitas WC sederhana, mushola, lahan parkir yang memadai, bahkan cafe apung. Di cafe apung Danau Seran ini menyajikan berbagai macam menu makanan. Sambil bersantap atau sekadar ngopi, Anda bisa bersantai sambil memandangi hijaunya pepohonan dan jernihnya air di Danau Seran.

Wisata alam Danau Seran memang tidak terlalu besar. Bagian yang menakjubkan adalah warna airnya yang jernih kehijauan. Itu membuat rerumputan yang tumbuh di dasar danau, bahkan berbagai jenis ikan bisa dilihat langsung dari permukaan.

Sekadar diketahui, Danau Seran memang memiliki potensi untuk pelestarian ekosistem dari berbagai jenis ikan. Di tempat ini sebelumnya juga pernah dilaksanakan pelepasan bibit ikan dalam rangka Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan Gema Satu Kata (Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina). Jumlah ikan yang dilepasliarkan sebanyak 25.000 ekor terdiri dari 20.000 ekor baung, 3.000 patin dan 2,000 betok.

Asal Usul Danau Seran Banjarbaru

Danau Seran di Banjarbaru memiliki asal usul sebagai berikut. Danau Seran dulunya adalah merupakan area aktifitas penambangan/penggalian intan yang dilakukan oleh PT. Galuh Cempaka. Resiko adanya penambangan adalah, karena aktifitasnya menggali tanah, maka terjadi kubangan besar. Saat hujan datang, kubangan tersebut akan penuh berisi air. Berbagai ekosistem alam pun kemudian hidup dan menjadikan Danau Seran seperti sekarang ini.

Aktifitas penggalian tanah di Danau Seran sudah lama ditinggalkan. Di sinilah alam berperan membentuk sisa-sisa galian menjadi danau. Seperti yang bisa Anda lihat sendiri nantinya, bekas area penambangan tersebut saat ini menjadi objek wisata alam yang terus dibenahi oleh warga setempat agar layak kunjung.

Rute ke Danau Seran Banjarbaru

Letak Danau Seran tidak jauh dari pusat kota Banjarbaru. Tepatnya berada di Jalan Guntung Manggis, berada tidak jauh dari pemukiman warga.

Bagi Anda yang tidak mengetahui lokasinya, carilah jalan Guntung Manggis dan menuju Bundaran Guntung Manggis. Jika Anda sudah berada di Jalan ini, akan akan menjumpai banyak petunjuk arah yang akan mengantarkan Anda ke Danau Seran. Jika masih bingung, jangan malu bertanya.

Untuk mencapai Danau Seran Anda bisa menggunakan roda 2 atau roda 4. Sarana jalan menuju Danau Seran juga sudah cukup nyaman. Umumnya sudah beraspal.

Eksotisme Danau Seran Banjarbaru

Danau Seran Banjarbaru
Pulau Asmara Danau Seran Banjarbaru

Danau Seran Banjarbaru memiliki pulau kecil yang berada di tengah-tengah. Di pulau ini tumbuh pohon-pohon besar yang meneduhkan. Untuk mencapai pulau kecil yang diberi nama Pulau Asmara Danau Seran tersebut, pihak pengelola Danau Seran menyediakan penyewaan kelotok untuk penyeberangan. Biaya sewa kelotok perorang Rp.5000,-

Keindahan Danau Seran akan terlihat sempurna jika Anda sudah berada di Pulau Asmara. Di sinilah kerap para pengunjung berfoto ria, selfie dan mengabadikan keindahan alam di Danau Seran. Meski di Pulau Asmara tersedia tempat duduk, rumah pohon, saat kunjungan padat di hari-hari libur, sebaiknya Anda membawa alas seperti tikar agar bisa bersantai.

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

harie insani putra

Penulis kambuhan. Kadang menulis dengan jurus mabuk.

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin