Warning! Warga Kabupaten Banjar Tak Kunjungi Daerah Suspek Corona

  • Whatsapp
Warning, Warga Kabupaten Banjar Tak Kunjungi Daerah Suspek Corona
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Rahmiyanti. (Foto: iday/tandapetik.com)

BANJAR, tandapetik.com – Ini peringatan bagi warga Kabupaten Banjar, agar tidak bepergian atau kunjungi daerah suspek virus corona Tiongkok.

Penggunaan masker dan membiasakan cuci tangan merupakan upaya mencegah virus corona ini. Hal itu disosialisasikan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar kepada masyarakat di kabupaten berjuluk Bumi Serambi Mekkah itu.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Rahimayanti mengutarakan, warga Kabupaten Banjar supaya lebih berhati-hati dan waspada. Apalagi, daerah yang dikunjungi terdeteksi suspek virus corona.

“Lebih baik hindari bepergian atau perjalanan ke daerah suspek,” katanya.

Agar terhindar dari penyakit maka gunakan masker penutup muka untuk menghindari penyebaran atau terjangkitnya virus melalui udara. Lalu, cuci tangan sebagai antisipasi dalam menjaga kebersihan. Cara lain adalah dengan vaksin sebagai tindakan pencegahan.

“Kalau kami melakukannya dengan semakin menggiatkan gerakan masyarakat sehat atau germas,” imbuh dia.

Sebab, karakteristik virus corona penularannya bisa melalui kontak langsung. Sedangkan gejala dialami korban, di antaranya demam, lesu, batuk kering dan sulit bernapas.

“Walau terlihat umum namun gejala ini sulit membedakannya dengan penyakit lain,” kata dia.

Tindak lanjut dari pencegahan lainnya, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran berupa imbauan, deteksi dini dan penyebaran.

Lantas, pemerintah provinsi juga menyampaikan surat edaran yang sama. Begitu pula Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar. Disebar ke puskesmas dan rumah sakit di wilayah Kabupaten Banjar. (dya)

Pos terkait