Wahai Perempuan, Jangan Abaikan Celana Dalam, Ini Alasannya

Home Kesehatan Wahai Perempuan, Jangan Abaikan Celana Dalam, Ini Alasannya
Wahai Perempuan, Jangan Abaikan Celana Dalam, Ini Alasannya

TandaPetik.Com – Kebiasaan sehari-hari tanpa mengenakan celana dalam ternyata berbahaya bagi kesehatan, khususnya perempuan. Sebagian orang yang senang beraktifitas dengan mengabaikan celana dalam pasti memiliki alasan tersendiri. Entah demi alasan kenyamanan atau sudah kebiasaan.

Satu hal yang perlu disadari, fungsi celana dalam adalah melindungi organ intim agar tidak terpapar oleh bakteri dan kotoran.

Menurut Doerthe Brueggmann, MD, dari Health Goest Female, mengatakan cara mudah dan praktis menjaga kebersihan dan kecantikan organ intim adalah dengan mengenakan celana dalam.

Mengenakan celana dalam dapat melindungi dari serangan bakteri saat berkeringat. Jadi, bukan ide baik untuk bergaya commando, tidak mengenakan celana dalam, jelas Bruegmann.

Ia pun menyarankan jika karena alasan kenyamanan, contohnya saat berolahraga atau cuaca sedang panas, sebaiknya memilih bahan material celana dalam yang sesuai dengan situasi dan kondisinya.

Kapan Perempuan Tidak Harus Memakai Celana Dalam

Menurut dr. Alyssa Dweck, dokter kandungan dan ginekolog di Mount Kisco, New York, dan dosen klinis OB/GYN di Icahn School of Medicine at Mount Sinai, New York City, yang dikutip oleh Live Science, vagina tidak perlu ditutupi sepenuhnya ketika ia tertidur. Namun, beberapa perempuan enggan mengambil risiko dan memilih tidur dengan pakaian dalam mereka.

Menurut Dweck, beberapa perempuan memiliki keuntungan dari tidak memakai pakaian dalam, misalnya pada perempuan yang mengidap vulvitis kronis (peradangan pada lipatan kulit luar vagina) atau vaginitis kronis (peradangan pada vagina). Perempuan dengan penyakit tersebut sangat rentan terhadap infeksi jamur, gatal, dan iritasi, sehingga alangkah lebih baik mereka tidur tanpa menggunakan celana dalam.