Otomotif

Ternyata Melumasi Rantai Pakai Oli Bekas Itu Merugikan

TandaPetik.Com – Melumasi rantai pakai oli bekas sudah menjadi kebiasaan banyak orang, termasuk para bengkel motor kebanyakan, khususnya bengkel motor tidak resmi. Mungkin Anda sendiri juga pernah melakukan tersebut. Menganggap saat rantai kering atau terlihat berkarat, melumasi rantai menggunakan oli bekas adalah solusi. Ternyata tidak. Berikut alasannya.

Usia atau masa pakai rantai sepeda motor akan lebih pendek jika sering terkena air, debu serta minimnya perawatan yang diberikan. Air dapat membuat rantai mengalami korosi dan debu dapat menyebabkan rantai cepat kendur. Namun melumasi rantai dengan oli bekas merupakan cara yang tidak baik, justru akan merusak komponen-komponen yang ada di rantai seperti bagian o-ring.

Penggunaan oli bekas hanya awalnya saja membuat rantai tampak bersih dan nyaman digunakan. Tapi setelahnya, oli bekas justru berpotensi mengumpulkan debu dan material lain yang ada di udara bebas. Kotoran itu bisa menambah keausan pada rantai bila terserap ke dalam bushing dan pin.

Jika Anda teliti, oli bekas pun sebenarnya mengandung serpihan besi yang berasal dari gesekan antar komponen di dalam mesin. Itulah bahayanya jika menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai.

Macam-macam Pelumas Rantai

Banyak sekali jenis pelumas rantai resmi di pasaran. Harganya pun terjangkau kantong. Jika Anda ingin rantai motor lebih awet, gunakanlah peluas rantai yang memang peruntukannya untuk rantai, bukan oli bekas. Berikut berbagai macam merk pelumas rantai yang ada di pasaran.

  • Kit Motor Chain Lube
  • Mega Cool Chain Lube
  • Kit GP-9
  • 1-step, Cleaner and Rublican
  • Carrera Motor Chail Lube

Dari kelima macam pelumas rantai di atas, umumnya memiliki kelebihan sebagai anti korosi, karat, anti friksi,mampu memperhalus gesekan antara gear dan rantai, sehingga mengurangi resiko ke ausan spare part. Silakan saja memburu pelumas rantai yang tepat, harganya murah kok.

Tips Membersihkan Rantai

Setelah memiliki pelumas rantai, sebaiknya Anda perlu juga mengetahui bagaimana membersihkan rantai yang kotor akibat oli bekas yang sudah terlanjur digunakan. Berikut caranya:

  • Gunakan bensin untuk melunturkan/melarutkan kotoran akibat oli bekas dan kotoran lain.
  • Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan rantai.
  • Gunakan lap kain setelah rantai dibersihkan.
  • Sekarang gunakan pelumas rantai, semprotkan secara merata.
Baca juga Artikel Berikut:
Tags

harum manis

Penulis lepas dan menerima pesanan

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin