Sejarah Baru, Puan Maharani Wanita Pertama Menjadi Ketua DPR-RI

  • Whatsapp
Puan Maharani memberikan pidato pada sidang paripurna di Gedung Senayan Jakarta.
Puan Maharani memberikan pidato pada sidang paripurna di Gedung Senayan Jakarta.

JAKARTA, tandapetik.com – Jika periode-periode sebelumnya, DPR RI telah diketuai politisi pria, namun berbeda dengan pimpinan DPR RI periode kali ini. Sidang Paripurna DPR RI secara resmi menentukan Ketua DPR RI periode 2019-2024 dari politisi wanita, yakni putri Megawati Soekarno Putri, yakni Puan Maharani.

Kepemimpinan parlemen yang diketuai politisi wanita menjadi sejarah baru dalam lembaga legislatif di Indonesia. Puan Maharani dilantik pada Selasa (1/10/2019).

Muat Lebih

Putri Ketua Umum PDI Perjuangan ini dicalonkan partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang telah memenangkan pemilu 2019 dengan jumlah kursi terbanyak di DPR-RI.

Sedangkan Wakil Ketua DPR lainnya adalah Rachmat Gobel dari Fraksi Partai Nasdem, Muhaimin Iskandar dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Aziz Syamsuddin dari Fraksi Partai Golkar dan Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra.

Ketua DPR Sementara Abdul Wahab Dalimunthe dalam sidang paripurna menyatakan, kelima pimpinan DPR RI itu secara otomatis menjadi pimpinan karena masing-masing parpol meraih suara terbesar dalam Pemilu 2019.

Puan Maharani mengatakan lembaganya tetap mengharapkan dukungan dan masukan dari masyarakat luas untuk lima tahun ke depan.
Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu juga menegaskan kesiapan lembaganya untuk menerima kritik dan masukan.

“Kami juga mengharapkan dukungan dari masyarakat termasuk dari para pengamat dan kalangan media massa. Kami tidak anti kritik tetapi diharapkan masyarakat tidak mudah terjebak dalam penilaian yang bersifat apriori terhadap pelaksanaan tugas-tugas DPR,” ujar Puan.

Sebanyak 575 anggota DPR, 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan 711 anggota MPR, yang merupakan gabungan anggota DPR dan DPD – resmi dilantik pada sidang Paripurna di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Komposisi fraksi di DPR periode 2019-2024 mencakup : PDIP dengan 128 kursi, disusul Golkar dengan 85 kursi, Gerindra dengan 78 kursi, NasDem dengan 59 kursi. Setelah itu ada PKB dengan 58 kursi, Demokrat 54 kursi, PKS dengan 50 kursi, PAN dengan 44 kursi, dan terakhir PPP dengan 19 kursi.(voa/dny)

Pos terkait