Olahraga

Rotasi Pemain Garuda Asia, Perlu Dilakukan di Pertandingan Akhir

Perlu kiranya bagi pelatih Garuda Asia untuk mengistirahatkan beberapa pemain intinya, guna menghadapi partai Semi Final.

TandaPetik.Com – Garuda Asia ~ julukan Timnas U-16 Indonesia ~ menyisakan satu pertandingan dari 5 laga yang dijalani di Fase Grup A.  Pada pertandingan terakhir yang akan dihelat pada Senin (6/8/2018) hari ini, David Maulana cs akan melawan Kamboja.  Di pertandingan terakhir ini, tidak mempengaruhi tiket semi final yang sudah berada di genggaman Garuda Asia.

Garuda Asia sudah mengamankan posisi melaju ke partai semi final setelah mengumpulkan poin sempurna (12 poin) dari 4 pertandingan yang sudah dilewati.  Garuda Asia menang atas Filipina di pertandingan pertama dengan skor telak 8-0, menang tipis atas Myanmar dengan skor 2-1, menenggelamkan Vietnam dengan skor 4-2, dan Sabtu (4/8/2018) berhasil menang dengan meyakinkan atas Timor Leste dengan skor 3-0.

Pertandingan melawan Kamboja besok malam dapat dijadikan sebagai langkah pelatih untuk mengistirahatkan beberapa pemain inti jelang laga semi final.  Padatnya pertandingan yang dilakoni Garuda Asia dengan jadwal pertandingan 2 hari sekali semenjak 29 Juli lalu tentunya sangat menguras tenaga para pemain muda kita.

Mengistirahatkan beberapa pemain inti saat melawan Kamboja bukan salah satu bentuk menganggap remeh tim lawan ~Kamboja~, tapi semata-mata sebagai sebuah strategi yang harus dilakukan pelatih guna menjaga stamina para pemain dalam pertandingan semi final nanti.  Setidaknya dengan mengistirahatkan mereka di laga kontra Kamboja, akan memberikan nafas segar bagi David Maulana cs untuk beristirahat.

Melakukan rotasi pemain di pertandingan besok, selain untuk mengistirahatkan para pemain, juga sebagai langkah untuk memberi kesempatan kepada para pemain lain yang sering duduk di bangku cadangan dalam 4 pertandingan terakhir yang dilakoni oleh Garuda Asia.  Menurut saya dengan diberikannya kesempatan kepada mereka yang belum mendapatkan jatah menit bermain di Piala AFF U-16 tahun ini, akan memberikan suntikan semangat mereka dalam membela timnas.

Kesempatan bermain juga dapat memberikan jam terbang (pengalaman) kepada mereka dalam merasakan atmosfer bertanding yang dapat melatih fisik, mental dan skill mereka dalam menjalani ajang internasional.

Tentunya dengan diberikannya kesempatan bermain, para pemain yang masih kurang menit bermain ~sama sekali belum pernah tampil~ menjadi sebuah ajang penilaian bagi tim pelatih dalam melihat perkembangan skuad Garuda Asia.  Apalagi dalam beberapa waktu mendatang akan menjalani pertandingan di Piala AFC U-16 2018 di Malaysia.

Laga kontra Kamboja nantinya bakalan tidak mempengaruhi tiket semi final Garuda Asia, laga ini bisa dijadikan sebagai sebuah kesempatan pelatih untuk mengistirahatkan beberapa pemain inti yang sudah berjuang dengan segala tenaga di 4 pertandingan sebelumnya.

Jika Garuda Asia keluar sebagai juara Grup A tinggal menunggu lawan dari Grup B, jika finish di juara Grup maka akan berhadapan dengan runner up Grup B. Sejauh ini jelang laga terakhir fase grup, saat ini Thailand sudah berada di puncak klasemen dengan poin 10. Sementara di urutan kedua berada Laos yang sudah mengumpulkan poin 7 dari hasil 3 pertandingan yang sudah mereka lewati, Laos berhasil menahan imbang Thailand di pertandingan ketiga mereka. Sementara Malaysia berada di urutan ke-3 klasemen sementara grup B, terpaut 1 poin dari Laos karena menelan kekalahan dari Thailand pada pertandingan pertama mereka di grup B.

Walau bagaimana pun, perebutan runner up dan tiket semi final terbilang panas di 2 grup. Myanmar dan Vietnam masih berebut untuk mendapatkan tiket semi final di grup A, begitu pula dengan Laos dan Malaysia yang berebut tiket semi final di grup B.

Dua pertandingan terakhir antara Myanmar vs Vietnam dan Laos vs Malaysia menjadi pertandingan hidup mati bagi keempat tim tersebut untuk memastikan diri mengisi 2 slot semi final bergabung bersama Garuda Asia dan Thailand yang sudah memastikan diri lolos ke semi final lebih awal.

Akankah Garuda Asia U-16 akan bertemu Harimau Malaya di Semi Final Piala AFF U-16 2018?

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin