Esai

Rental Mobil di Banjarmasin Cemburu dengan Grab

TandaPetik.Com – Jasa transportasi Rental Mobil Banjarmasin kemungkinan saat ini sedang ngos-ngosan menghadapi ekspansi perusahaan Grab si penyedia transportasi berbasis aplikasi ke Kalimantan Selatan. Memang, sebelum kedatangan Grab, para penyedia sewa armada mobil di Banjarmasin benar-benar di atas angin. Setiap hari mereka kipas-kipas duit. Berapa pun jumlah armada mobil yang mereka sediakan selalu keluar dari ‘kandang’. Tapi kondisi sekarang berbeda.

Kehadiran Grab boleh dibilang mengancam Rental Mobil Banjarmasin. Namun begitulah bisnis, tak ada yang abadi. Jika kemarin usaha rental mobil memberikan banyak keuntungan, belum tentu akan berlangsung selamanya. Kerugian paling fatal adalah mengalami kebangkrutan. Akan lebih mengerikan lagi apabila armada mobil alias tuyul roda empat yang mereka jadikan sandaran berstatus kredit. Bisa Anda bayangkan sendiri hari-hari penuh ketegangan yang harus mereka hadapi. Seperti tunggakan tagihan, debt collector dan anak istri yang perlu dinafkahi. Ngeri, ngeri, ngeri. Meski demikian, apakah Grab lantas patut dipersalahkan sepenuhnya?

Sekadar mencemburui keberadaan layanan transportasi semacam Grab boleh-boleh saja. Tapi kalau cemburu buta, itu yang dikhawatirkan. Ada peribahasa sedia payung sebelum hujan. Para pemilik usaha apa pun harusnya sudah mengerti konsep tersebut. Tidak ada yang abadi, Kawan. Jangan terlena dengan kenikmatan yang didapat pada hari ini. Percayalah, kelak Grab pun akan memiliki saingan. Bahkan tergusur. Saat itu, hukum alam berlaku. Siapa kuat, dialah pemenangnya.

Rental Mobil di Banjarmasin Harus Kuat

Saya senang mengamati berbagai permasalahan di ranah online. Seperti halnya Rental Mobil Banjarmasin versus Grab di Kalimantan Selatan. Saya tahu bagaimana upaya para pelaku jasa Rental Mobil di Banjarmasin menguatkan diri. Sebagian dari mereka bertahan dengan mengandalkan jasa periklanan Adword, sebuah produk perusahaan milik Google. Ada yang banting harga dan ada pula yang bertahan dengan mengambil jalan tengah. NgeGrab iya, jasa rental mobil juga iya.

Dilain pihak, Grab sendiri sedang gencar berpromosi dengan memberikan diskon. Mereka berusaha merayu orang-orang untuk menggunakan jasa lewat penawaran harga murah.

Meski demikian, saya yakin, perang harga tidak akan berlangsung lama. Jika antara Rental Mobil Banjarmasin dengan Grab saling baku hantam di ranah harga murah, siap-siap saja untuk kecewa. Biaya operasional dan perawatan mobil tidak murah. Artinya, bermain-main dengan harga murah memiliki resiko tinggi. Kalau akhirnya tidak memberikan keuntungan, untuk apa dipertahankan?

Sebesar apapun nilai investasi Grab untuk mensubsidi para driver yang menggunakan aplikasi mereka, saya yakin ada batasannya. Kecuali mereka bisa mencetak uang sendiri dalam artian sebenarnya.

Para pelaku Rental Mobil di Banjarmasin, sekali lagi tak usah cemburu dengan Grab. Datangnya pesaing bisnis harusnya membuat Anda lebih kreatif. Berbagai strategi untuk bertahan harus dipersiapkan. Jangan hanya mengandalkan Adword. Kenapa saya berkata demikian, bukankah Anda sendiri tahu kalau Grab juga bisa pasang Adword? Apakah Anda ingin baku hantam lagi di media periklanan? Saya yakin Anda akan banyak menghabiskan uang. Jika itu terjadi, justru Google lah pemenangnya.

Kalau para pelaku usaha Rental Mobil di Banjarmasin tiba-tiba menanyakan solusi agar bisa bertahan dari gempuran Grab, saran saya, pelajari sistem bisnis lawan dan silakan terjemahkan secara bebas dan kreatif. Anggap saja ini semacam permainan strategi bisnis. Kalau ingin lebih ekstrim, anggap saja ini sebuah peperangan yang harus dimenangkan secara tahap demi tahap. Terlalu ambigu ya bahasanya?

intinya, begitulah. Jangan cuma bisa cemburu dan menyerah. Buat strategi dan ujicobakan di lapangan. Sekadar Anda tahu saja, saya yakin Grab pun masuk Kalsel tidak hanya dengan tangan kosong. Mereka menyiapkan banyak strategi untuk mengantisipasi agar bisnis mereka tetap jalan.

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

harie insani putra

Penulis kambuhan. Kadang menulis dengan jurus mabuk.

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin