fbpx
Esai

Rental Mobil Banjarmasin Meningkat, Ini Sebabnya

TandaPetik.ComMeningkatnya Penyedia Jasa Rental Mobil Banjarmasin adalah contoh fenomena bisnis jasa yang masih berlangsung hingga sekarang. Saat ini, jasa rental mobil di Banjarmasin semakin menjamur.  Saya melihat, itu terjadi karena murni faktor permintaan (demand) yang tinggi.

Jika dikaji lebih jauh, ada beberapa faktor kenapa permintaan sewa mobil Banjarmasin meningkat di Kalimantan Selatan.

Faktor Pariwisata

Wisata Pasar Terapung Banjarmasin

Banyak kalangan mungkin meragukan pemikiran ini, bahwa pariwisata di Kalimantan Selatan mampu mendongkrak sektor bisnis jasa rental mobil di Banjarmasin, Banjarbaru atau secara luas di Kalsel. Dengan kata lain, sama halnya mengatakan bahwa, pariwisata Kalsel mulai dilirik oleh wisatawan dari luar daerah sehingga memberikan efek positif bagi para pelaku usaha. Mungkin begitu!

Saya maklum jika hal tersebut diragukan. Namun kita juga tidak bisa menafikan semangat pemerintah daerah dalam membangun sektor pariwisata di Kalsel.

Kita bisa melihat sendiri fakta di lapangan, saat ini Banjarmasin juga telah berbenah memoles kotanya agar ramah wisatawan. Ruang taman hijau terus ditambah dan selalu diperhatikan perawatannya. Demikian juga yang terjadi di kabupaten/kota lain seperti Banjarbaru, Martapura,Pelaihari, Rantau, Kandangan, Batulicin, Kotabaru dan lainnya.

Selain memunculkan objek wisata baru, objek wisata Kalsel yang telah ada pun terus dibenahi agar layak kunjung.

Perlu diingat pula, ketika menyebut wisata, maka tidak terbatas hanya pada sebuah tempat seperti gunung, pantai, sungai, rawa atau hutan saja, tapi juga perilaku manusia di sekitarnya.

Pertumbuhan ekonomi kreatif yang dilakukan para UMKM di Kalsel tentu juga memiliki kontribusi terhadap minat wisatawan. Inilah yang kemudian dapat memicu minat wisatawan datang ke Kalsel.

Faktor Bisnis

Dari pengamatan sederhana saya, faktor bisnis memberikan dua keuntungan langsung terhadap keberlangsungan penyedia jasa rental mobil Banjarmasin.

Saya melihat, semakin menggeliatnya aktifitas bisnis di Kalsel telah memberikan dampak nyata terhadap demand rental mobil Banjarmasin meningkat. Tahun 2018 lalu, berbagai event berskala nasional dan internasional gencar dilaksanakan di Kalsel.

Demikian juga pertemuan-pertemuan bisnis baik oleh pihak swasta maupun pemerintah daerah juga seringkali dilakukan di Kalsel. Dari sini, efek domino berlaku. Tak hanya para pelaku jasa rental mobil Banjarmasin saja yang ketiban rejeki, tapi juga pengusaha perhotelan dan pusat oleh-oleh khas Kalimantan.

Selanjutnya, aktifitas bisnis yang berlangsung di area Kalsel pun pada akhirnya memberikan impact terhadap mereka pelaku bisnis rental mobil. Dari informasi yang didapatkan dari beberapa pelaku rental mobil di Banjarmasin, banyak perusahaan-perusahaan nasional yang menggunakan jasa mereka secara rutin, baik harian, mingguan dan bulanan.

Faktor Individu

Tidak ada batasan mengapa seseorang harus menggunakan jasa rental mobil. Di sini saya batasi adalah pengguna jasa rental mobil lokal secara perorangan. Mereka umumnya mencari rental mobil Banjarmasin lepas kunci. Jika dibandingkan rental mobil menggunakan sopir yang disediakan pemilik jasa, rental mobil lepas kunci jauh lebih tinggi peminatnya.

Hal paling mendasar kenapa rental mobil Banjarmasin lepas kunci lebih digemari, umumnya untuk memenuhi kebutuhan pribadi mereka. Seperti keperluan keluarga, ingin menservice tamu atau kerabat mereka yang datang dari jauh dan lain-lain. Sebut saja, mereka ingin lebih bebas dan santai. Contohnya, setelah pergi ke tempat wisata pasar terapung, mereka akan bersantai di warung soto bawah jembatan atau di lontong orari. Selanjutnya mereka akan melanjutkan perjalanan lebih leluasa tanpa didampingi sopir dari pemilik jasa sewa mobil.

Di Banjarmasin sendiri, penyedia jasa rental mobil tidak semuanya lepas kunci. Ada yang lepas kunci, ada yang tidak lepas kunci. Nah, yang lepas kunci ini hanya beberapa saja. Itu pun dengan berbagai syarat ketat. Alasannya sama dengan mereka yang tidak lepas kunci, demi keamanan aset berharga mereka.

Dari sepengetahuan saya, tidak sedikit para pelaku rental mobil di Kalsel ini yang menjadi korban penipuan. Hal itu disebabkan karena rental mobil mereka lepas kunci.

Dari 3 faktor di atas, bertambahnya permintaan terhadap sewa mobil di Banjarmasin juga akhirnya berkembang. Perilaku dan kebutuhan pengguna jasa sewa mobil Banjarmasin semakin bervariasi.

Mobil untuk kepentingan bisnis, mengunjungi tempat wisata, atau acara keluarga dengan sendirinya terklasifikasi. Dampaknya, pasar mobil di Kalsel pun ketiban untung. Para pemilik usaha rental mobil berbondong-bondong memesan berbagai jenis mobil demi memenuhi kebutuhan konsumen.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa Rental Mobil Banjarmasin tak perlu khawatir keperluan Anda tak terpenuhi. Sewa Mobil Banjarmasin saat ini tak melulu Avanza, tapi juga Innova, Bus Mini, Honda Jazz, bahkan mobil mewah pun ada. Menurut saya, ini dilakukan demi memenuhi dan menangkap peluang pasar sewa mobil Banjarmasin.

Persaingan Bisnis dan Promosi

Tingginya permintaan pasar rental mobil menciptakan korelasi bertambahnya penyedia jasa rental mobil di Banjarmasin. Otomatis, persaingan pun terjadi. Apabila 3 faktor di atas tadi tidak meningkat, maka persaingan akan lebih ketat. Umumnya, harga rental mobil pun turun. Apalagi jika permintaan anjlok, maka para pengusaha rental mobil di Banjarmasin dan sekitarnya di wilayah Kalsel akan gigit jari, dan paling fatal mengalami kebangkrutan.

Selain harga sewa mobil turun, semacam mempertahankan diri dalam persaingan, perilaku promosi dan peningkatan fasilitas pun biasanya bertambah. Amati saja, kategori bisnis dan jasa di kalsel yang paling banyak menggunakan jasa periklanan AdWord adalah kategori jasa rental mobil.

Mereka harus menyediakan dana promosi tambahan untuk membayar jasa periklanan untuk mendapatkan pelanggan yang mencari rental mobil Banjarmasin melalui google. Tentu saja itupun akan berpengaruh para pelaku jasa dalam mengambil kebijakan soal harga sewa rental mobil.

Iklan Rental Mobil Banjarmasin

Catatan:

Tulisan ini sengaja ditulis untuk memberikan jawaban subjektif kepada seorang teman baik, ketika saya ditanya mengenai fenomena banyaknya pihak yang melirik usaha jasa rental mobil Banjarmasin, baik di Banjarbaru  maupun Martapura.

Baca juga:

Temukan Artikel Menarik Lainnya Melalui Topik di Bawah Ini:
Teknologi | Otomotif | Politik | Olahraga | Kesehatan | Esai | Cinta | Sosok | Tips & Trik | Traveling | Ulasan | Cerpen | Games
Hubungi Admin Tandapetik.com

Artikel Berkaitan