Pilkada 2020, Kemendagri Serahkan DP4 Pemilih Pemula ke KPU

  • Whatsapp

DP4 Pemilih Pemula diserahkan sebagai konsekuensi data tambahan atas mundurnya pelaksanaan pilkada menjadi 9 Desember.

JAKARTA, tandapetik.com- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Pemilih Pemula tambahan sebanyak 456.256 jiwa kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sebelumnya, Kemendagri telah menyerahkan DP4 berjumlah 105.396.460 jiwa ke KPU pada 23 Januari 2020 lalu. Sehingga total DP4 yang telah diserahkan menjadi 105.852.716 jiwa. DP4 dari Kemendagri ini kemudian disusun oleh KPU menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT)

DP4 diserahkan oleh Plt. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Muhammad Hudori mewakili Mendagri, dan diterima oleh Ketua KPU Arief Budiman di Ruang Sidang Utama KPU RI Lt. 2, Jl. Imam Bonjol No. 29 Jakarta Pusat, Kamis (18/6).

Mendagri Muhammad Tito Karnavian berhalangan hadir lantaran sedang dalam kunjungan kerja bersama Menkopolhukam ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun Mendagri Tito sempat merekam video sambutannya, yang isinya menyatakan, DP4 Pemilih Pemula diserahkan sebagai konsekuensi data tambahan atas mundurnya pelaksanaan pilkada menjadi 9 Desember.

“Hari ini dilaksanakan penyerahan DP4 tambahan. Karena kita tahu bahwa dengan adanya kemunduran atau penundaan jadwal dari rencana September 2020 ke Desember 2020, maka mengakibatkanya adanya tambahan-tambahan pemilih yang potensial,” kata Menteri Tito dalam siaran pers Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Ia menjelaskan, DP4 yang diserahkan Kemendagri merupakan data tambahan dan dapat dipergunakan KPU untuk menetapkan DPT dalam Pilkada Serentak 2020.

“Data-data ini yang akan kami berikan melengkapi data yang sebelumnya sudah diberikan, mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dalam rangka untuk melakukan validasi daftar pemilih sampai ke pemilih tetap nanti,” ujarnya.

Tito juga berpesan agar pengguna data, dalam hal ini KPU mampu menjaga kerahasian dan hak privasi sesuai prinsip demokrasi.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, DP4 tambahan itu diserahkan ke KPU di 309 kabupaten/kota.

Jumlah daerah yang akan menggelar Pilkada tahun ini ada sebanyak 270 daerah.

“Data DP4 tambahan kami serahkan ke KPU di 309 kabupaten/kota. Sebab ada kabupaten/kota yang tidak pilkada, tetapi melaksanakan pemilihan gubernur sebanyak 48 kabupaten/kota,” ujar Zudan.

Sebelumnya, penyelenggaran pilkada di 270 daerah dijadwalkan dilaksanakan pada 23 September 2020. Namun lantaran pandemi COVID-19, pelaksanaan pemungutan suara bergeser menjadi 9 Desember 2020. (rva)

Pos terkait