Teknologi

Pembuktian, Benarkah Aplikasi Tik Tok Diblokir?

Jaringan Biasa Gagal Akses, Pakai VPN Masih Mau

TandaPetik.Com – Begini, dalam berbagai laman berita online, katanya Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) baru saja memblokir aplikasi goblok Tiktok pada tanggal 3 Juli 2018, “Tik Tok sudah diblokir mulai tadi siang,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Alasannya diblokir sih, karena banyaknya konten negatif bagi anak-anak. Bahkan laporan dari masyarakat terdapat 2853 laporan terkait aplikasi tersebut. Pemerintah melalui Kemkominfo pun memblokir Domain Name System (DNS) Tik Tok. Pertanyaannya, apakah benar-benar tidak bisa diakses lagi aplikasi asal china ini?

Lalu sehari setelah diblokir, saya memutuskan ingin mencari di Play Store. Yah, nyatanya masih ada di market aplikasi milik google tersebut, dikira sudah tidak ada. Kemudian saya mencoba mengunduh aplikasi ini. Padahal males sekali menginstall aplikasi ‘tidak berfaedah’ ini -menurut saya- .

Setelah terinstall sempurna di smartphone android saya yang jelek, dengan membaca doa, saya membuka aplikasi ini. Astaga..! Nyatanya masih bisa diakses. Dengan klik sebelah kanan, saya mencoba mendaftar menggunakan akun Facebook. Hmm, ternyata masih bisa juga konek.

Tapi, tunggu dulu. Lalu saya mencoba mencari video dan membuka salah satunya. Dan ternyata gagal memainkan seperti kalian lihat pada foto berikut.

Hasil Screenshoot Saya (4 Juli 2018)- di Salah satu video di aplikasi Tik Tok yang masih menggunakan jaringan biasa

Kemudian, saya menggunakan aplikasi VPN (Virtual Private Network) dan ternyata video yang awalnya tidak bisa dimainkan menjadi bisa. Nah, pastinya fans sejati, penggila, maniak TikTok tidak kehabisan akal agar tetap bisa eksis bertiktok ria.

catatan aplikasi tiktok
Hasil Screenshot saya di salah satu video di aplikasi Tik Tok menggunakan jaringan tambahan dari aplikasi VPN

Saya dan mungkin jutaan orang di Indonesia sangat mengapresiasi dengan diblokirnya aplikasi ini dari Indonesia. Akan tetapi,dengan masih bisa diaksesnya aplikasi TikTok ini meski menggunakan aplikasi VPN menandakan belum sepenuhnya kementrian berhasil memblokir akses aplikasi ini.

Seperti kata Mentri Kominfo Rudiantara. “Setelah bersih dan ada jaminan untuk menjaga kebersihan kontennya, Tik Tok bisa kami buka lagi,”ย ujarnya dikutip dari KompasTekno.

-Saran Saya orang awam – Kementrian Kominfo seharusnya meminta pihak google atau developer TikTok agar aplikasi ini ditiadakan di market Play Store untuk dan terlarang untuk pengguna negara Indonesia. Tapi, namanya online pasti banyak cara untuk mengaksesnya. Kita tunggu saja bagaimana kelanjutannya, buka kembali atau blokir setengah-setengah saja?

Ngomong-ngomong nih, aplikasi dengan total unduhan 50 juta lebih ini menyimpan catatan-catatan selama jadi trending di Indonesia sebelum diblokir “setengah-setengah” Kementrian Kominfo. Berikut catatannya yang saya kutip dari beberapa sumber berita di Indonesia.

Catatan Aplikasi Tik Tok selama di Indonesia

  1. Aplikasi ini menjadi trending di kalangan anak muda, bahkan kalangan anak berusia dibawah 16 tahun. Padahal aplikasi hanya diperuntukkan untuk anak diatas 16 tahun saja.
  2. Kalian tentu tahu Bowo, dia menjadi terkenal dan menjadi trendi topik dimana-mana karena aplikasi Tik Tok ini. (Saya tidak mau membahas dia memasang tarif atau tidak)
  3. Akibat buat video di aplikasi Tik Tok, seorang perawat RS di Bekasi Terancam Dipecat. Dikarenakan bayi dalam video perawat tersebut membuat marah orang tua bayi.
  4. Menguntungkan penyanyi Indonesia, karena ada lagu berjudul ‘Lagi Syantik’ yang dinyanyikan oleh Siti Badriyah di aplikasi Tik Tok. Dan itu ikut mendongkrak popularitas penyanyi asal Bekasi ini.
  5. Seorang remaja kena hujatan warganet karena merekam dan meupload video kakeknya menggunakan aplikasi Tik Tok.

Sebenarnya masih banyak catatan aplikasi Tik Tok ini. Ada pro dan kontra.ย  Namun, itu semua kembali kepada individu masing-masing yang menggunakan. Tapi, sekali lagi saya berharap, semoga aplikiasi ini ditiadakan di Negara kita tercinta Indoneisa. Demikian artikel ini. Terima Kasih.

Baca juga Artikel Berikut:

ardian

Saya adalah penggemar segala hal. Satu hal yang tidak saya gemari, berpikir!

Artikel Berkaitan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin