Ogi Fajar Nuzuli Tutup Usia, Darmawan Jaya; Beliau yang Kenalkan ESQ di Kalsel

  • Whatsapp
Mantan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Drs. Ogi Fajar Nuzuli wafat. (foto: dok Pemko Banjarbaru)

Mendengar kabar duka Drs, Ogi Fazar Nuzuli tutup usia, mantan Wakil Wali Kota Banjarbaru periode 2015-2020, Darmawan Jaya Setiawan yang sangat dekat dengan mendiang sempat terkejut. Karena dia baru saja mendengar kabar itu tidak lama setelah Ogi Fajar Nuzuli wafat pada, Rabu, (24/3/2021) pukul 20.30 wita.

BANJARBARU, tandapetik.com –  “Betul sekali (Ogi Fajar Nuzuli meninggal dunia), aku terkejut sekali. Beberapa hari lalu beliau (Og Fajar Nuzuli) ada menelepon meminta aku menjadi Ketua RBP (Radar Banjar Peduli).”

Demikian diungkapkan Darmawan Jaya Setiawan saat dihubungi koranbanjar.net, Rabu malam, (24/3/2021) sekitar pukul 23.00 Wita.

Mantan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Drs. Ogi Fajar Nuzuli dikabarkan telah tutup usia Rabu malam ini di RSUD Banjarmasin.

“Beliau adalah saudara seperjuanganku, khususnya waktu sama-sama mengenalkan dan mengajak orang di Kalimantan Selatan, mengikuti training ESQ yang kemudian bersama tokoh ESQ yang lain mendirikan RBP,” ungkap Darmawan Jaya.

Darmawan Jaya juga menambahkan, Ogi adalah kakak angkatannya sewaktu sekolah di SMA 1 Banjarmasin. Ogi salah seorang putra terbaik Banjarbaru yang sangat bersemangat memajukan Kota Banjarbaru. “Rasa kepeduliannya yang sangat tinggi dalam bidang kemanusiaan, pendidikan, sastra, seni budaya, olah raga dan lain-lain patut menjadi teladan,” jelasnya.

“Beliau orang baik, Insya Allah berpulang kepada Allah dalam keadaan husnul khotimah dan mendapat tempat yang paling mulia di sisi Allah Swt,” tutup Darmawan Jaya.

Kabar tersebut beredar melalui pesan online Whatsapp secara berantai, antara lain dari grup Whatsapp Jurnalis Cinta Banua dan grup Whatsapp para penghobi olahraga basket Kota Banjarbaru. Redaksi koranbanjar.net juga berupaya memastikan kabar itu melalui rekan-rekan almarhum, ternyata benar salah satu Pendiri Radar Banjar Peduli (RBP) itu telah meninggal dunia.

“Benar om, beliau meninggal malam ini tadi (Rabu, 24/3/2021) pukul 21.30 Wita. Saya mendengar kabar dari grup APDN,” demikian dikabarkan Kabag Humas dan Protokol Kota Banjarbaru, Dedi Soetoyo, Rabu malam, (24/3/2021).

Ogi Fazar Nuzuli merupakan salah satu tokoh yang disegani dan akrab dengan semua kalangan di Kota Banjarbaru. Semasa hidup, selain sempat menduduki jabatan penting di Pemko Banjarbaru, dia juga sempat mendampingi mantan Wali Kota Banjarbaru, Ruzaidin Noor untuk menjadi Wakil Wali Kota Banjarbaru periode 2010-2015.

Salah satu putra mantan pejabat Pemprov Kalsel, Horman Bachtiar ini, juga merupakan salah seorang pendiri lembaga sosial di bawah naungan Radar Banjarmasin, yakni Radar Banjar Peduli (RBP) bersama Ibnu Sina (Walikota Banjarmasin), Darmawan Jaya Setiawan (mantan Wakil Wali Kota Banjarbaru), Prof. Ersis Warmansyah Abbas (Dosen FKIP ULM Banjarmasin), Yohandromeda (almarhum/ Dosen Poltekes) serta mantan GM Radar Banjarmasin, Erwin Dede Nugroho. Ogi juga salah seorang pencetus hadirnya ESQ di Kalimantan Selatan.

Ogi Fazar Nuzuli pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarbaru, Ketua KONI Kota Banjarbaru, Ketua Perbasi, Ketua Persatuan Tinju Kota Banjarbaru serta berbagai jabatan penting bidang olah raga lainnya.

Bukan cuma itu, Ogi Fajar Nuzuli sangat akrab dan mengayomi para pemuda Kota Banjarbaru, para wartawan, seniman, relawan sosial maupun olahragawan.

Saat ini jenazah Ogi Fajar Nuzuli telah dibawa ke rumah duka di Jalan Nuri No 8 Kota Banjarbaru. Rencananya disholatkan besok Kamis, 25 Maret 2020 di Masjid Kanzul Khairat Banjarbaru. Kemudian akan dimakamkan di Taman Makam Bahagia Landasan Ulin usai Sholat Zuhur.(dsm)