Nasib Selebgram, YouTuber dan Pelapak e-Commerce, Begini Kata Sri Mulyani

  • Whatsapp
Selebgram cantik dan hot
Selebgram cantik, Dessy Eccy (Instagram).

TandaPetik.Com – Jika Anda berhasrat ingin menjadi selebgram, seorang youtuber, atau menjadi pelapak sukses di dunia online, perlu diperhatikan bahwa saat ini pemerintah telah membuat aturan terkait pajak.

Pertanyaannya adalah, apakah selebgram, youtuber dan pelapak e-Coomerce akan dikenai pajak? Pertanyaan tersebut menjadi isu hangat atas dampak dikeluarkannya Peraturan Menkeu 210/PMK.010/2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

Muat Lebih

Kepastian menjawab pertanyaan itu sudah disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di sela-sela kunjungan kerja bersama Menkominfo Rudiantara ke Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Seperti yang dirilis detik.com, Sri Mulyani mengatakan ada hal-hal para selebgram, youtuber, dan pelapak e-Commerce dikenai pajak.

“Kalau mereka mendapatkan pendapatan di bawah Rp 54 juta, itu tidak mendapatkan pajak. Tidak masuk di dalam Penghasilan Tidak Kena Pajak atau PTKP,” tegasnya.

“Jadi, sebagian dari usaha kecil menengah, kita juga pasti tidak akan dipungut pajak. Kalau dia omzetnya di bawah Rp 4,8 miliar, dia dapat setengah persen pajak final,” tuturnya.

Ucapan Sri Mulyani di atas tentunya sudah menjawab pertanyaan banyak pihak, khususnya para youtuber, pelapak atau selebgram.

Pos terkait