Sosok

Mila Karmila SE, Loyalitas Berkarya Dalam Bisnis dan Organisasi

TandaPetik.Com – Saya bertemu dengan Mila Karmila pada November tahun lalu di acara pameran buku terbesar di Kalimantan Selatan. Tanpa banyak bicara, Mila membeli 2 eksemplar buku tentang Asma Ul Husna, berfoto bersama penulis buku yang dia beli dan saya fotokan langsung. Tidak banyak bertanya, dan langsung membayarnya. Setelahnya, kami berbincang di sudut meja dan mengobrol bersama, saya bersama keluarga dan Mila bersama keluarga juga.

Tidak sekadar hobi membaca dan mengapresiasi karya penulis-penulis bagus, mahasiswa pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sultan Adam ini juga berbisnis di bidang property yang terus berkembang. Dia adalah Direktur Utama PT Borneo Citra Karya Utama, Direktur CV Berkah Yasyifa, Anggota DPD REI Kalimantan Selatan, dan masih aktif menempuh pasca sarjana di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sultan Adam.

Saya melakukan beberapa pertemuan untuk berbagi wawasan baik itu di bidang bisnis, pengetahuan, dan juga politik. Saat ini, ia menjabat sebagai Wakil ketua DPD Partai Berkarya Kabpaten Tanah Bumbu sekaligus Wakil Ketua DPD Laskar berkarya DPW Kalsel.

Mila Karmila SE boleh dibilang wanita cerdas, dan tentu saja ibu yang hebat dalam keluarganya. Lantas, mengapa berpolitik menjadi pilihannya di tahun ini? Simak wawancara ekslusif penulis.

Mengapa harus terjun ke ranah politik, padahal tanpa berpolitik pun Mila memunyai karier di bidang usaha yang tidak sedikit?

“Wawasan berpolitik sangat diperlukan, tak sekadar untuk berkarier dan berbisnis, tetapi kepekaan dalam membaca situasi serta menamping aspirasi lingkungan apa yang memang benar-benar diperlukan dan bermanfaat bagi rakyat. Politik tentu memberikan pengaruh besar dalam perjalanan bisnis kita. Situasi politik yang tidak stabil bisa mengakibatkan perekonomian yang merosot sehingga memiliki dampak besar terhadap bisnis atau pun makro/mikro ekonomi yang sedang berputar.

Politik mampu memprediksi perkembangan bisnis yang akan terjadi di masa mendatang. Maka dari itu, perlu mempersiapkan strategi terbaik untuk mengatasinya.”

Apa yang sudah Mila lakukan dalam rentang beberapa tahun terakhir terkait program nyata yang berefek baik itu ke masyarakat atau pada pembangunan kota/wilayah tinggal?

“Untuk hal ini saya tidak sendiri. Banyak orang-orang yang membantu. Kami bersama rekan melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam menangani masalah hukum melalui LSM Peta Kalsel sekaligus saya sebagai Pembina. Kemudian Membangun perumahan Bersubsidi bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah di daerah Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu.”

Apa nilai positif menurut Mila dari aktif berorganisasi baik itu dalam struktur partai atau pun organisasi lainnya?

“Nilai positif dari aktif berorganisasi dari struktur partai maupun organisasi lainnya yakni dapat menambah wawasan dan pengetahuan, memperluas pergaulan yang lebih bermanfaat, pola pikir yang lebih tajam, serta jiwa kepemimpinan yang pada dasarnya tak mudah diperoleh. Karena pengalaman demi pengalaman itu akan menjadi guru yang baik bagi kehidupan. Termasuk pengalaman berorganisasai. Dan juga, semakin besar pergaulan, semakin besar peluang untuk sukses.

Organisasi dalam partai khusunya dapat melatih kita untuk bisa membuat dan mengatur sebuah strategi dalam berpolitik maupun dalam pengambilan keputusan,”

Seberapa penting keluarga bagi Mila Karmila? Dan jika melihat jabatan dengan banyak agenda tersusun, bagaimana Mila membagi waktu agar tetap seimbang?

“Kita tumbuh dan besar dari keluarga bahkan pendidikan awal dari hidup didapatkan dari keluarga. Mereka adalah motivasi, spirit bagi saya terutama Anak-anak, Suami, Ayah, dan Ibu. Saya selalu meminta restu dari mereka, yaitu Suami, Ibu, dan Ayah. Tanpa restu oleh mereka pekerjaan yang saya lakukan bisa saja tanpa keberkahan.

Saya selalu berusaha membagi waktu dengan anak-anak, meskipun ya, realnya sangat sibuk. Sering keluar kota dan sering rapat, namun saya tetap menyempatkan waktu untuk mengurus mereka di rumah karena saya sadar bahwa tugas seorang ibu yang utama adalah mendidik mereka menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah, menjadi anak yang mandiri, cerdas, berbudi pekerti luhur, berguna bagi nusa dan bangsa.

Karena apalah arti kesuksesan jika anak-anak kita terlantarkan dan tidak terurus. Bagi saya harta berharga bukanlah emas permata, tahta, kedudukan atau pun uang berlimpah, tapi anak-anak. Maka dari itu sesibuk apa pun jika untuk anak-anak saya selalu siapkan waktu special untuk mereka.”

Pernahkah dulu semasa memulai usaha baik di bidang property atau lainnya meniatkan diri menjadi calon wakil rakyat dan duduk di kursi DPR? Jika tidak, mengapa ini baru saja menjadi pilihan dan optimis bisa memberikan manfaat kepada orang banyak?

Melihat kondisi politik belakangan ini, keterwakilan perempuan dalam politik sangat minim, saya terpanggil untuk berkarya melalui jalur politik. Saya meyakini dan tentu saja mengukur kemampuan diri sebagai pengusaha, juga untuk mengabdi kepada daerah yang telah membesarkan saya, dalam segi pekerjaan, karier, dan keluarga.

Mengambil langkah dan masuk dalam dunia politik adalah pilihan yang sekaligus ungkapan terimakasih kepada daerah.

Kami di Partai Berkarya mempunyai Program Membangung Kampung. Di antaranya ada lomba kesenian serta kesehatan, termasuk seni pertunjukkan yang mana Tanah Bumbu memunyai komunitas yang kuat berkutat dalam bidang tersebut. Saya berusaha membantu komunitas dan membina remaja para pelajar yang berminat dalam kreatifitas.

Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan Mila Karmile SE

1988-1994 SDN 1 Sungai Danau.

1994-1997 SMPN 1 Satui.

1997-2000 SMKN 1 Kandangan.

2000-2002 Finance PT Bhineka Hasil Tambang

2002-2006 Unversitas Budi Luhur Jakarta

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

Ananda Perdana Anwar

Lahir di Pelaihari, tinggal di Banjarbaru, suka jadi driver online, tapi lebih senang nulis curhatan penumpang. Nyambi jadi wartawan, dan alhamdulillah masih beriman.

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin