Merasa Gatal Ketika Bangun Tidur? Segera Waspada, Jangan-jangan Ada Kutu Busuk di Tempat Tidur Kamu!

  • Whatsapp
cara membasmi kutu busuk

TandaPetik.Com – Kutu busuk atau “bangsat” atau kepinding atau disebut juga tumila adalah serangga parasit dari keluarga Cimicidae. Kutu busuk dikenal sebagai spesies yang meminum darah manusia sama halnya seperti nyamuk. Kutu busuk sangat menyukai tempat yang gelap dan lembab, ia termasuk hewan berdarah panas.Karena sangat senang minum darah manusia sudah dapat dipastikan mereka akan tinggal di sekitar tempat yang sering dihuni manusia, khususnya pada tempat tidur. Kutu busuk biasa tinggal dan bertelur di lipatan tempat tidur atau bantal dan tempat-tempat tersembunyi lainnya. Ia bisa menggigit tanpa disadari korbannya, biasanya ia akan agresif pada malam hari. Ia akan menimbulkan bekas gigitannya yang berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya.

Serangga parasit ini bisa menimbulkan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan gejala alergi. Hewan ini beraroma tidak sedap dan sangat menyengat di hidung.

Muat Lebih

Kehadiran kutu busuk di tempat tidur pasti sangat mengganggu, apalagi kalau sampai mereka sudah berkembang biak atau sudah mendirikan “permukiman” di kasurmu. Segera periksa di sudut-sudut tempat tidur kalau ada tanda bintik-bintik hitam dapat diyakini kalau kutu busuk bersarang di kasurmu.

Inilah beberapa cara untuk membasmi kutu busuk agar tidak bersarang lagi di kasurmu atau di tempat tinggalmu.

  1. Bersihkan tempat tidur

Cara paling mendasar dalam membasmi kutu busuk adalah dengan merubah pola hidup menjadi lebih bersih, karena dengan adanya kutu busuk di kasurmu itu menunjukkan bahwa tempat tidurmu kotor.

Sering-seringlah menjemur kasur, bantal dan guling di bawah terik sinar matahari. Dan jangan lupa untuk mencuci bersih sprei, sarung bantal serta selimutmu maksimal sebulan sekali. Dengan begini kemakmuran si “bangsat” pasti akan terganggu dan pasti mereka akan pindah.

  1. Maksimalkan cahaya dan sirkulasi udara

Kutu busuk sangat senang sekali berada di tempat gelap dan lembab. Nah, maka dari itu biasakan membuka jendela setiap pagi dan biarkan udara dan cahaya matahari masuk. Ini akan membuat kamar anda terang dan hangat. Tentu suasana seperti ini membuat anda nyaman. tetapi tidak bagi kutu busuk, hal itu dapat mengusir kutu busuk dari persembunyiannya.

  1. Minyak tanah dan kapur barus

Setelah kamu mengikuti pola di atas dan ternyata kutu busuk belum lenyap juga dari tempat tidur. Kamu bisa gunakan perpaduan antara minyak tanah dan kapur barus, perpaduanĀ  kedua bahan ini menjadi sangat ampuh dalam membasmi kutu busuk beserta anak dan telurnya.

Caranya dengan cara menumbuk kapur barus sampai menjadi serbuk, kemudian campurkan dengan minyak tanah setelah itu oleh bagian bagian kasur yang diyakini menjadi “rumah” kutu busuk. Dan jangan lupa juga olesi bagian dinding yang ada lubang karena bisa saja ada kutu busuk yang “ngontrak” di situ.

Nah, itulah tadi tips dan trik membasmi kutu busuk. Segera peraktikan biar tidak ada pihak ketiga di tempat tidurmu. Kalau kamu ada tips dan trik lainnya, silahkan komentar ya.

Pos terkait