Sosok

Menghitung Penghasilan Dua Youtubers Banua

TandaPetik.Com – Setelah kemarin saya mencoba menghitung penghasilan dari “Paman” penjual nasi goreng. Walau hasil surveinya hanya sebatas pada salah satu Paman saja. Nah, kali ini saya mencoba untuk menghitung penghasilan dari dua Youtubers asal banua (Kalimantan Selatan). Kenapa cuma dua saja?, karena Cuma baru dua ini yang saya tahu. Nah siapa mereka berdua ini?

Sepertinya satu dari dua orang ini sudah bisa anda tebak. Yup, si Ipul Hary yang terkenal dengan “Jejak Si Bungul”. Nah terus siapa satunya?, saya jatuhkan pilihan pada Noor Akhlussidik pemilik channel youtube Akhlus Siddik.

Kedua youtubers ini memiliki perbedaan dalam hal konten yang disajikan di channel masing-masing. Muhammad Haripullah ak Ipul Hari si pemilik Channel ipul_hary. Si Bungul (Bung Ipul) ini mengaku sebagai seorang komedian. Channelnya lebih sering memberikan lawakan jenaka yang bisa membuat penontonnya sakit perut.

Lawakan yang sering ia bawakan tentang Jejak Si Bungul yang mana merupakan parodi sebuah acara tv swasta Indonesia. Selain dengan jejak Si Bungulnya, terkadang Bung Ipul ini juga mengisi channelnya dengan video dubbing film-film India atau Indonesia, sehingga terkenal adanya sebuah sosok yang muncul di channelnya yakni “Si Jali”.

Sementara itu, channel milik Akhlus Siddik lebih banyak upload video tentang game, namun ada juga bikin konten Vlog atau kolaborasi dengan youtuber-youtuber lainnya.

Lantas berapakah penghasilan dari kedua youtubers banua ini?

Mari kita hitung lebih dulu dari penghasilan seorang Bung Ipul yang sudah memulai menjadi youtubers semenjak 11 Desember 2016. Sampai saat ini terpantau di akun youtube-nya ia sudah memiliki 68.968 subcribers dan 13.940.436 kali tayang.

Dalam menghitung penghasilan youtubers dari akun youtubenya, marilah kita mengikuti rumus yang sering digunakan orang dalam menghitung penghasilan orang-orang terkenal dari akun youtube.

Di Indonesia, rata-rata Effective Cost per mille atau CPM (penghasilan untuk setiap 1.000 penayangan) berada di angka $0,68.
Dengan menggunakan patokan CPM ini, penghasilan Bung Ipul dari akun Youtube nya itu bisa dihitung dengan rumus (total views / 1000) x $0,68 : jumlah bulan sejak masa aktif.

Akun Youtube Bung Ipul, dengan jumlah total views yang mencapai 13.940.436 (per tulisan ini dibuat) dan menggunakan rate dolar sebesar Rp13.877, maka jumlah perkiraan penghasilannya adalah: (13.940.436 / 1000) x $0,68 : 17 = Rp 7.743.633.

Sementara itu penghasilan Akhlus Siddik yang sudah memulai bergabung semenjak 25 Februari 2015 (39 bulan) sudah memiliki jumlah tayang 34.322.095 kali (per tulisan ini dibuat) dan sudah disubcribe sebanyak 147.213.

Dengan menggunakan rumus yang sama dengan perhitungan penghasilan Bung Ipul, maka penghasilan Akhlus Siddik dari akun youtubenya diperkirakan (34.322.095 / 1000) x $0,68 : 39 = Rp 8.310.488.

“Dari perhitungan dengan rumus yang InsyaAllah benar, diperkirakan Bung Ipul “Jejak Si Bungul” dalam sebulannya bisa menghasilkan pundi-pundi uang sekitar 7,7 juta perbulan. Sedangkan Akhlus Siddik menghasilkan pundi uang sekitar 8,3 juta perbulan”.

Selebihnya, benar atau tidak perhitungan penghasilan dari dua youtubers banua ini jelasnya langsung tanyakan kepada mereka berdua. Wong namanya coba menghitung, bisa salah atau benarkan?, tapi lumayan juga nih kedua youtubers ini, apalagi bung Ipul, selain penghasilan dari akun youtube sepertinya juga mendapatkan pundi-pundi uang dari endorse di akun instagram, benar gak bung?,

Aaakaiii Jali……….

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin