fbpx
Ulasan

Mengenal Arang Kayu Alaban Kalimantan

TandaPetik.ComArang kayu Alaban kerap disebut juga dengan nama arang halaban. Jadi, dalam penulisan artikel ini, kalau menyebut Alaban, ya maksudnya Halaban. Demikian sebaliknya. Lain lagi ceritanya kalau di Kalimantan, khususnya di lingkungan masyarakat Dayak Kalimantan, nama kayu Alaban disebut dengan nama kayu Kalapapa.

Mengenal Kayu Alaban, Bahan Baku Arang

 

Kayu Alaban Kalimantan

Kayu Alaban terbilang jenis kayu yang keras. Alasan itu kenapa pemilihan bahan baku arang menggunakan kayu jenis alaban agar kualitas arang kayu yang dihasilkan bisa maksimal saat digunakan sebagai bahan bakar. Selain digunakan sebagai arang kayu, kayu alaban juga kerap menjadi bahan baku pembuatan kapal.

Pohon alaban bisa dibilang tumbuhan hutan. Berdasarkan informasi dari salah seorang kerabat penulis, kebetulan bekerja di bidang kehutanan, kayu halaban memang banyak ditemui di daerah Kalimantan. Umumnya, pemanfaatan kayu jenis ini diolah sebagai bahan baku arang. Namun, yang dijual umum di pasaran tidak semua arang kayu menggunakan bahan dasar kayu alaban.

“Harga arang kayu alaban berbeda dengan kayu biasa. Demikian juga harga arang kayu alaban berbeda dengan arang putih atau white charcoal alias Binchotan,” ungkapnya.

Perbedaan harga ini mengacu dari jenis bahan dan pengolahannya, termasuk ketika digunakan sebagai bahan bakar.

Alaban (Vitex Pubescens Vahl) tergolong dalam famili verbenaceae. Ketinggian pohon bisa mencapai 25 meter. dan mudah hidup di tanah yang kering. Dari berbagai informasi yang didapat, penyebaran kayu alaban banyak ditemui di daerah Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali, Lombok dan Sulawesi.

Berat jenis rata-rata kayu alaban sebesar 0,83 dan termasuk kelas kuat II dan kelas awet I. Memiliki struktur serat yang lurus dengan warna kuning dan cokelat berselang seling.

Sentra Pengrajin Arang Alaban

Ada beberapa tempat yang secara khusus memproduksi arang Alaban di Kalimantan Selatan. Dari sepengetahuan penulis dan beberapa diantaranya pernah dikunjungi, yakni di KabupatenTanah Laut, Kalimantan Selatan. Di kabupaten ini terdapat beberapa tempat pengolahan arang Alaban dengan sejumlah tungku dan pekerja yang profesional.

Selain di Tanah Laut, di Kabupaten Hulu Sungai Tengah pun juga terdapat beberapa lokasi pembuatan arang alaban.

Dari beberapa tempat tersebut, kemampuan produksi mereka rata-rata 15-25 ton/bulan. Bahkan ada yang mampu melebihi kapasitas tersebut.

Melihat tingginya minat terhadap arang Alaban Kalimantan, sebagian dari mereka kini telah memiliki gudang stok di wilayah Kota Banjarbaru untuk memudahkan pemasaran yang biasanya dikirim ke luar negeri atau melayani pembeli di wilayah Banjarbaru, Martapura dan Banjarmasin.

Pasokan Bahan Baku Alaban

Kekhawatiran punahnya tanaman alaban di hutan Kalimantan akibat sering ditebang sebagai bahan baku arang atau kebutuhan lain awalnya memang beralasan.

Dari sepengetahuan penulis, pihak produsen atau perusahaan sejak beberapa tahun terakhir telah mengantisipasi hal tersebut dengan penanaman kembali bibit pohon alaban. Mengingat sifat tanaman alaban cepat tumbuh, maka harapannya sirkulasi antara pengolahan arang dan tumbuhnya pohon Alaban dapat seimbang.

Keunggulan Arang Alaban

Seperti yang sudah disinggung diawal, sifat kayu Alaban yang cukup keras memiliki dampak positif ketika dijadikan bahan baku arang kayu.

Selain itu, karakteristik kayu Alaban ketika sudah diolah menjadi arang juga memiliki keunggulan lain seperti tidak menimbulkan percikan ketika dibakar, tidak mengeluarkan bau menyengat dan asap yang dihasilkan ketika dibakar tidak banyak. Salah satu alasan utama menggunakan arang kayu alaban adalah panas yang dihasilkan mampu bertahan lama.

Manfaat Lain Tanaman Alaban

Jika dari awal kita membicarakan Alaban sebagai arang kayu, sebenarnya tanaman ini juga memberikan manfaat lain bagi kesehatan. Ya, tanaman Alaban juga bermanfaat bagi kesehatan selain dijadikan arang kayu.

Pengetahuan khasiat tanaman Alaban sebagai penyembuh diajarkan secara turun-temurun oleh masyarakat Dayak Kalimantan. Oleh mereka tanaman Alaban dimanfaatkan sebagai sarana penyembuh penyakit amandel.

Bagian tanaman yang digunakan untuk menyembuhkan amandel adalah kulit kayu Alaban yang berwarna cokelat kehitaman. Caranya pun sederhana. Yakni dengan mengambil kulit kayu untuk dibersihkan dan dicuci dengan air sebelum direbus.

Hasil perebusan kulit kayu Alaban akan menjadikan warna air menguning seperti air teh. Nah, air rebusan kulit kayu Alaban bisa langsung diminum tanpa campuran apa pun.

Demikian sekelumit cerita dan pengalaman yang ditambahkan dari beberapa sumber tentang arang Alaban asli Kalimantan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silakan menghubungi Admin.

Temukan Artikel Menarik Lainnya Melalui Topik di Bawah Ini:
Teknologi | Otomotif | Politik | Olahraga | Kesehatan | Esai | Cinta | Sosok | Tips & Trik | Traveling | Ulasan | Cerpen | Games
Hubungi Admin Tandapetik.com

Artikel Berkaitan