Olahraga

Lengkap! Statistik 48 Pertandingan Fase Grup Piala Dunia 2018

Banyak catatan yang sudah terkumpul selama 48 pertandingan yang terlaksana di fase grup Piala Dunia 2018, Rusia.

TandaPetik.com – Sebanyak 48 pertandingan di fase grup Piala Dunia 2018, Rusia, sudah selesai dilaksanakan. Sebanyak 16 tim sebagai juara dan runner up dari 8 grup sudah dinyatakan melaju ke fase gugur babak 16 besar yang akan mulai malam nanti. Banyak catatan statistik terkumpul dari 48 pertandingan yang dilaksanakan, seperti dilansir dari laman https://www.fifa.com/worldcup/statistics/, berikut beberapa catatan statistik yang dikumpulkan oleh TandaPetik.com.

1. Persaingan Top Skor Masih Berlanjut

Persaingan untuk menjadi top skor di Piala Dunia (Pildun) 2018 masih berlanjut karena masing-masing tim dari calon top skor masih berlaga di Pildun 2018. Di catatan statistik FIFA, 3 pemain masuk dalam jajaran calon top skor Pildun 2018 yakni Harry Kane (Inggris), Romelu Lukaku (Belgia) dan Cristiano Ronaldo (Portugal).

Harry Kane berada di puncak top skor sementara dengan koleksi gol sementara sebanyak 5 gol, dan masih berpeluang akan menambah gol karena Inggris masih memiliki langkah maju di Pildun 2018 karena lolos ke babak 16 besar. 5 gol Kane dia torehkan ketika melawan Tunisia (2 gol) dan 3 gol ketika melawan Panama.
Romelu Lukaku berada di posisi 2 top skor sementara dengan koleksi 4 gol. 4 gol koleksi Lukaku dia dapatkan ketika Belgia berhadapan dengan Tunisia (2 gol) dan melawan Panama (2 gol).

Cristiano Ronaldo di Pildun 2018 ini benar-benar membuktikan dirinya sebagai pemain haus gol, tidak hanya di klubnya Real Madrid namun bagi negaranya, Portugal. Ronaldo dari 3 pertandingan yang sudah dilewati bersama Timnas Portugal sudah mengoleksi 4 gol. 4 gol tersebut Ronaldo dapatkan ketika Portugal berhadapan Spanyol dan Maroko.

Ketika Portugal melawan Spanyol, Ronaldo berhasil hattrick dengan memaksa kiper Spanyol, De Gea, 3 kali memungut bola dari gawangnya. Sementara, 1 gol lainnya Ronaldo dapatkan ketika Portugal bermain melawan Maroko, di partai ini Ronaldo menyumbang 1 gol.

Ketiga pemain ini masih memiliki peluang untuk menambah pundi-pundi gol, karena tim dari ketiga pemain ini masih melaju ke babak 16 besar Pildun 2018. Kita lihat saja nanti, siapa nanti dari ketiga pemain ini yang akan meraih Sepatu Emas Pildun 2018, atau malah akan muncul nama baru di jajaran Top Skor Pildun 2018? Kita Lihat nanti.

2. Belgia, Tim Paling Banyak Memasukkan Gol ke Gawang Lawan

Belgia selain menorehkan catatan sempurna di Fase grup, keluar sebagai juara grup dengan poin sempurna (9). Ternyata dari catatan statistik FIFA, juga menjadi tim yang paling banyak melesakkan gol ke gawang lawan. Dari 3 pertandingan di grup G, Belgia berhasil melesakkan 9 gol.

Dari 9 gol tersebut diraih Belgia ketika melawan Tunisia (5 gol), 3 gol ke gawang Panama dan 1 gol ke gawang Inggris. Rata-rata Belgia berhasil memasukkan 3 gol dalam satu kali pertandingan. Belgia bisa dikatakan sebagai tim yang produktif di Pidun 2018 ini dengan jumlah gol yang mereka torehkan selama fase grup.

3. Catatan Statistik Lain, Selama Fase Grup Pildun 2018

Catatan lain dari 48 laga yang sudah terjadi di Pildun 2018, FIFA sudah mencatat terjadi 122 gol, 158 kartu kuning, 3 kartu merah, 36349 passes completed.

Dari 122 gol yang terjadi di Pildun 2018, sepertinya grup G memberikan catatan tersendiri dalam menyumbang gol-gol tersebut.  Di grup G ini terjadi 2 kali pertandingan dengan hujan gol, seperti pertandingan antara Belgia vs Tunisia (5-2) dan Inggris vs Panama (6-1). Pertandingan antara Belgia vs Tunisia menjadi pertandingan yang tercatat sebagai pertandingan yang paling banyak terjadi gol di catatan FIFA.

Dari 158 kartu kuning yang terjadi di 48 pertandingan, rata-rata sebanyak 3,4 kartu kuning dikeluarkan oleh wasit dalam setiap pertandingan yang dilaksanakan. Lagi-lagi grup G, menjadi memiliki catatan tersendiri dari 158 kartu kuning yang keluar dari saku wasit pertandingan. Partai Belgia vs Panama menjadi partai yang paling banyak kartu kuning dikeluarkan oleh wasit, sebanyak 8 kartu kuning dikeluarkan wasit dalam pertandingan ini.

Dari 36349 passes completed di fase grup Pildun 2018, Spanyol menjadi tim terbanyak yang mengumpulkan passes completed.  Dari 3 pertandingan yang mereka lewati di grup B, Spanyol berhasil mengumpulkan 2089 yang menjadikan mereka sebagai tim “Best Passing” selama 48 pertandingan Pildun 2018.

Penalti di Pildun 2018 bakalan lebih banyak dari jumlah penalti yang terjadi di Pildun 2014.  Sejauh ini, baru di fase grup sudah terjadi 24 penalti yang terjadi selama 48 pertandingan yang dilaksanakan, jadi rata-rata 0,5 kali penalti terjadi di setiap pertandingan Pildun 2018.  Berbeda sekali dengan Pildun 2014, di ajang 4 tahun lalu tersebut hanya terjadi 13 penalti dari pelaksanan secara keseluruhan.

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

Artikel Berkaitan

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin