Konstruksi Plafon Bandara Jebol, Khairul Saleh Minta Penegak Hukum Mengusut

  • Whatsapp
Belum lama diresmikan, bandara syamsuddin noor ini sudah rusak.
Belum lama diresmikan, bandara syamsuddin noor ini sudah rusak.

BANJARBARU, tandapetik.com – Belum seumur jagung, konstruksi Bandara Syamsuddin Noor di Landasan Ulin Kota Banjarbaru yang baru saja diresmikan dan dibangga-banggakan Presiden RI, Djoko Widodo, ternyata sudah ada yang rusak. Plafon terminal baru tersebut sudah ada yang jebol.

Tak pelak, kondisi tersebut mengundang reaksi Anggota DPR RI dari Komisi III, H. Pangeran Khairul Saleh bersuara keras. Dia meminta pihak kepolisian atau kejaksaan agar segera mengusut peristiwa tersebut.

Muat Lebih

Padahal saat presiden Jokowi kaget dan terkagum-kagum melihat desain dan konstruksi terminal baru yang megah itu. Pangeran Khairul Saleh pun saat itu juga hadir sebagai undangan.

Karena itu, Khairul Saleh sangat menyesalkan kejadian jebolnya plafon terminal baru. Sebab belum seumur jagung sudah jebol, sehingga cukup membuat malu masyarakat Kalsel.

Menurut Khairul Saleh, kepolisian atau kejaksaan harus segera menyelidiki peristiwa itu. Pasalnya, saat membangun pasti sudah diperhitungkan dari sisi desain konstruksinya, sepertu beban bangunan, ketahanan terhadap angin, material yang digunakan maupun lainnya.

Tujuannya agar masyarakat mengetahui secara persis apa saja yang menyebabkan kerusakan secara transparan. Dengan demikian tidak menimbulkan tanda tanya di publik.

Diketahui, hujan deras disertai tiupan angin kencang Ahad (29/12) dini hari sampai pagi menerjang kawasan Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura.
Sejumlah dahan pohon rontok di Banjarbaru dan Martapura, serta beberapa pot bunga di median Jalan A Yani terjatuh dan pecah.

Namun yang mengagetkan, bagian plafon terminal baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin jebol.

Ditambahkan Khairul Saleh, pihak Komunikasi dan Legal Bandara Syamsudin Noor Aditya Putra Patria di Banjarbaru saat dikonfirmasi sejumlah media pun membenarkan jebolnya plafon terminal baru tersebut.

Kerusakan plafon itu berada di sekitar smoking area terminal keberangkatan penumpang.

Pihak Bandara menyebutkan, malam hari tadi angin kencangnya yang membuat plafon jebol. Usai peristiwa itu, petugas membersihkan lokasi itu akibat kejatuhan material.

Soal penyebab jebolnya plafon, menurutnya, karena hujan deras dan tumpukan sampah jadi saluran tersumbat ml. Plafon yang jebol diestimasi luasnya sekitar 15 meterpersegi.

Karena masih dalam tahap pemeliharaan, maka menjadidan tanggung jawab kontraktor untuk memperbaikinya.(sir)

Pos terkait