Keliling Perdana 2019, Mobil Pustling Dinas Perpustakaan Provinsi dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan “Diserbu” Siswa

Home Ulasan Keliling Perdana 2019, Mobil Pustling Dinas Perpustakaan Provinsi dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan “Diserbu” Siswa
Keliling Perdana 2019, Mobil Pustling Dinas Perpustakaan Provinsi dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan “Diserbu” Siswa

TandaPetik.Com –  Tepi sungai Alalak tepat di SDN Alalak Utara 1 menjadi riuh dan ramai dikarenakan kedatangan tiga mobil Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (9/1/2019).

Sebanyak 365 anak bersama-sama guru menyerbu jendela mobil dengan ratusan buku bacaan. Kepala SDN Alalak Utara 1, Marina Mahdalena menyatakan, kedatangan mobil pustling ini memang menjadi harapan mereka dan sangat ditunggu-tunggu.

“Kedatangan mobil perpustakaan ini sangat kami harapkan karena sekolah ini sangat sedikit memiliki buku literasi di kelas. Sangat besar manfaat buku pustaka dari kunjungan mobil keliling ini karena letak geografis yang jauh serta upaya memberikan kesadaran minat membaca yang lebih luas,” ucap Marina.

Semua anak-anak setelah mendapat pengarahan cara memilih dan membaca buku di mobil pustling oleh Ibu Husnul, mereka menyerbu 3 mobil yang sudah terbuka jendela bukunya.

Anak-anak banyak memilih buku-buku bergambar sebagian lagi membaca buku refersnsi pelajaran, dan tak kalah banyaknua membaca dongeng dan cerita rakyat.

Samsuni Sarman selaku guru kelas memberikan bimbingan dan arahan agar anak-anak menjagi buku serta memelihara buku sambil menikmati ceritanya.

“Kami sangat menunggu kehadiran buku-buku perpustakaan dari mobil pustling palnam ini, jika boleh sebulan sekali, pertama karena buku-bukunya beragam juga anak-anak bias bosen membaca buku literasi di pojok kelas karena jumlah sedikit dan itu-itu saja. Jadi, pustling pal nam ini sangat berharga dalam mendukung program literasi di sekolah kami,” ucapnya.

Seorang siswa yang asyik membaca buku di bawah pohon menyatakan sangat senangdan suka membaca buku pusling ini.

“Cuma kada lawas, kada bulih minjam ke rumah,” keluhnya.

Dia sangat berharap, bisa membawa cerita-cerita tersebut ke rumah. Selama 4 jam, mobil pustling harus kembali lagi, namun anak-anak Alalak Utara 1 bersorak ingin membaca lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan, Hj Nurliani Dardie mengatakan satu dari tiga pustling yg konvoi itu adalah pustling terbaru hibah dari Perpustakaan Nasional yang diambil diakhir Desember lalu.

“Bunda turut senang kalau anak-anak sangat menantikan mobil pusling ini, semoga nambah lagi mobilnya,” harapnya.