Jokowi Bertemu Pimpinan Ormas Keagamaan, Ini Saran Mereka Selesaikan Masalah

  • Whatsapp
Pimpinan ormas keagamaan di Indonesia bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Pimpinan ormas keagamaan di Indonesia bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

JAKARTA, tandapetik.com – Jokowi bertemu pimpinan Ormas Keagamaan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/9/2019). Dalam kesempatan itu, para pemuka ormas memberikan masukan kepada Presiden. Masukan utamanya agar Presiden mengedepankan dialog dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

“Yang kami garis bawahi pentingnya dialog yang ditempatkan dalam bingkai NKRI. Kepentingan bangsa yang perlu kita utamakan. Sehingga kalau kepentingan bangsa itu menguasai hati kita maka-maka cara-cara kita mengemukakan pendapat juga akan mementingkan kepentingan bangsa. Itu yang kami sampaikan,” tutur Ketua PGI Henriette.

Muat Lebih

“Dan kami berkesan bahwa itu juga yang dilakukan bapak presiden. Mencoba untuk berdialog. Berdialog secara kultural,” sambung dia.

Pertemuan itu hadir di antaranya Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zainy, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Ignatius Suharyo, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Dr Henriette Tabita Lebang.

Kemudian, Ketua Umum Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Arief Harsono, Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Ws Budi Santoso Tanuwibowo, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya.

Pertemuan juga dihadiri Kepala Staf Presiden Moeldoko. Sekjen PBNU Helmy menjelaskan pertemuan tersebut membahas berbagai hal. Mulai dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla), permasalahan Papua hingga perihal aksi unjuk rasa menolak UU KPK-RUU KUHP yang dilakukan mahasiswa dan pelajar.

Pos terkait