Jelang Haul Guru Sekumpul, Warga Siapkan Makanan hingga Tempat Menginap

  • Whatsapp
Kaum ibu siapkan konsumsi jamaah.
Kaum ibu siapkan konsumsi jamaah.

MARTAPURA, tandapetik.com – Haul Akbar ke 15 Al Alamah Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang kerap disebut Guru Sekumpul yang jatuh pada Minggu malam, 1 Maret 2020, sepertinya tak hanya menjadi agenda tahunan jamaah lingkungan Komplek Ar Raudhah Sekumpul Martapura. Tetapi betul-betul menjadi agenda tahunan bagi seluruh umat muslim di Kalimantan Selatan, bahkan Indonesia.

Tahun demi tahun, kepanitiaan pelaksanaan Haul Guru Sekumpul terus meluas, bahkan banyak di antaranya jamaah pecinta Abah Guru Sekumpul di luar wilayah Kota Martapura, bahkan luar Kalimantan Selatan, dengan sukarela menyediakan berbagai makanan hingga bantuan gratis.

Muat Lebih

Tidak terkecuali bagi penduduk yang berdomisili masih di wilayah Kota Martapura. Seperti yang dilakukan salah satu Posko Haul ke 15 Guru Sekumpul di Pasir Putih Desa Tanjung Rema Martapura ini. Jauh-jauh hari sebelumnya, segenap masyarakat Pasir Putih sudah melakukan persiapan, seperti mempersiapkan kayu bakar untuk memasak, memoles atau memperindah lingkungan dengan umbul-umbul maupun lampu warna-warni, mengatur tempat menginap bagi jamaah lainnya yang datang dari luar daerah, mengatur parkir dan lain-lain.

Menurut salah satu warga setempat, Muhammad Pily, sampai sekarang pihaknya sudah melakukan pendataan jamaah dari luar yang akan tinggal beberapa hari di lingkungan Pasir Putih. Ada jamaah umum maupun jamaah yang akan bermalam di rumah masing-masing keluarga.

“Jamaah luar yang bermalam di rumah keluarga di Pasir Putih selama haul kami data dan adapula yang akan diarahkan ke rumah penduduk yang masih memungkinkan menjadi tempat bermalam. Setiap jamaah akan diberi kartu untuk tujuan pengambilan konsumsi di dapur umum. Jadi untuk mengambil konsumsi, jamaah harus menunjukkan kartu yang diberikan panitia,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya tidak pernah meminta bantuan kepada pihak manapun untuk mempersiapkan hal tersebut. Akan tetapi, dermawan datang langsung menyerahkan bantuan secara sukarela. Hingga sekarang pihaknya sudah menerima bantuan 4 ekor sapi, tenda, beras dan lain-lain.

Tidak kalah menariknya, untuk mempersiapkan makanan atau konsumsi bagi jamaah yang akan datang di kampung itu, warga setempat khususnya kaum ibu bergotong royong menyiapkan masakan. Bahkan saat ini, kaum ibu setempat sudah mulai mempersiapkan makanan yang bakal dibagikan kepada jamaah yang akan datang.(sir)

Pos terkait