Ulasan

Indonesia Merdeka Baru 59 Tahun?

TandaPetik.Com – Baru buka mesin pencari google, tanpa sengaja kursor computer saya terarah pada gambar Google Doodle hari ini.  Hal yang mengejutkan, ketika muncul kalimat “Dirgahayu RI ke-59”. What, kok Indonesia dikatakan baru merdeka selama 59 tahun? Apa Indonesia baru merdeka di tahun 1959?.

Ini siapa yang salah?, atau Google Doodle hari ini merupakan Google Doodle yang pernah muncul di 14 tahun silam? Kok bisa, Indonesia yang sudah merdeka selama 73 tahun dikatakan baru 59 tahun merdeka?.

Muncul di pikiran saya, apakah web browser saya yang error.  Saya coba menggunakan computer teman ternyata tampilannya tetap sama. “Dirgahayu RI ke-59”. Wah ada apa ini?

Google Doodle hari ini menampilkan logo atau gambar dengan tampilan Bendera Indonesia Merah Putih (Merah di atas dan Putih di bawah) dan terlihat ada mungkin 3 anak-anak berlari menggunakan karung sebagai lambang balap karung, salah satu lomba yang selalu hadir dalam setiap peringatan hari kemerdekaan Indonesia, mulai dari tingkat RT sampai tingkat nasional.

Konon katanya, lomba balap karung ini ada cerita sedih di baliknya, benar atau tidaknya pendapat tersebut biarkan sejarah yang mengungkap maksud dari lomba balap karung ini.  Diambil dari Mojok.Co, lomba balap karung disebut memiliki cerita di masa penjajahan.  Katanya, konon para tetuha kita di masa penjajahan tidak merasakan pakaian senormal kita-kita sekarang yang terbuat dari kain yang lembut dan enak di badan.  Konon dulu para tetuha kita harus rela badan mereka merasa gatal-gatal karena harus menggunakan pakaian berbahan tidak layak mulai dari plastik, karet dan karung goni.

Sekedar informasi, Google Doodle yang saya sadur dari Wikipedia bahasa Indonesia menjelaskan, Google itu merupakan logo-logo google yang dimodifikasi sedemikian rupa yang tampil di saat ada peringatan atau event tertentu pada negara yang support Google.  Nah, karena Indonesia sebagai salah satu negara yang support google, akhirnya Google mengeluarkan Google Doodle dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, namun saat kursor mengarah ke Google Doodle hari ini, malah muncul kalimat “Dirhayu Indonesia ke-59”, yang serasa membuat hati serasa teriris karena kemerdekaan bangsa ini baru dikatakan berumur 59 tahun padahal sudah 73 tahun, ~syedihhh.

Google Doodle memiliki tim desainer yang pemimpin utamanya bernama Dennis Hwang dan dibantu oleh Michael Lopez, Ryan Germick, Susie Sahim dan Jennifer Hom.  Katanya Google Doodle tidak hanya dirancang oleh tim desainer google, namun juga menyelenggarakan kompetesi yang menarik untuk mendorong anak-anak dan siswa untuk menciptakan Google Doodle.

Nah, coba cek di web browser anda apakah juga muncul kalimat Dirgayu RI ke-59 saat kursor anda diarahkan ke Google Doodle hari ini?

 

Baca juga Artikel Berikut:

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin