fbpx
EsaiPolitik

Hajriansyah, Selamat Berjuang Kawan!

Caleg DAPIL 3 Banjarmasin Timur

TandaPetik.Com – Sebelum membaca tulisan ini, saya sampaikan terlebih dahulu bahwa Anda akan membaca catatan bertema politik. Tapi ini bukan tentang calon presiden 2019. Tapi tentang seorang teman yang seingat saya, tahun ini merupakan kali kedua ia maju kembali sebagai Calon Anggota Legislatif.

Namanya Hajriansyah. Nama yang mudah diingat. Dulu, ketika ia tidak sesibuk sekarang ini, kami sering nongkrong membicarakan banyak hal. Mulai dunia perbukuan, penerbitan, karya sastra, politik, atau sekali dua tentang Tuhan.

Maklum, makhluk bernama sibuk membuat kami akhirnya jarang bertemu. Paling banter say hello via WhatsApp. Itu juga yang kemudian melatarbelakangi tulisan ini. Sebagai teman, saya ingin mengapresiasi perjuangannya maju sebagai caleg lewat ‘udara’.

Jujur, saat ini saya sedang membayangkan seandainya di tahun 2019 ini ia terpilih sebagai anggota legislatif DPRD Kota Banjarmasin, kira-kira sebagai wakil rakyat, apa yang akan ia perjuangkan?

Saya tebak, ia akan konsen dibidang kebudayaan. Ya, kebudayaan Banjar. Sebagai pemuda asli banua, sudah sepantasnya ia konsen memperjuangkan pelestarian tradisi dan budaya Banjar ketika tak banyak orang yang mau melakukannya.

Tapi saya mengenal Hajriansyah cukup baik. Sebagai pemuda yang enerjik, memiliki banyak pengalaman dan berwawasan luas, kemungkinan besar Hajriansyah pun akan mengusung ide-ide besar tentang kondisi kesenian di Banjarmasin khususnya. Bisa jadi soal infrastukur atau event-event besar. Dugaan ini didasari karena ia seorang penulis sekaligus pelukis. Dunia seni sudah menjadi rutinitasnya. Bukankah kesenian juga termasuk di wilayah kebudayaan seperti yang sudah saya singgung di atas?

Di luar itu, saya juga mengenal Hajriansyah sebagai sosok pemuda yang cangkal memperdalam ilmu agama Islam baik secara akademis maupun non akademis. Seingat saya, sejak kecil ia memang sudah mencecap pendidikan ilmu agama di salah satu pondok pesantren. Wajarlah jika kemudian, banyak pemikiran atau keputusannya merujuk pada ilmu agama.

Sampai di sini, saya seakan-akan sangat mengenal sosok Hajriansyah. Padahal tidak juga. Contohnya, salah satu hal yang pasti belum saya ketahui dari dirinya adalah, kapan ia akan ke Banjarbaru dan mengajak nongkrong di warung kopi lagi?

Menurut saya, hal itu sebaiknya disegerakan saja. Mengingat, jika ia terpilih nanti sebagai anggota DPRD Kota Banjarmasin 2019, kesibukannya akan melampaui keadaannya sekarang ini. Ia akan fokus bekerja, melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan seorang wakil rakyat.

Saya tahu persis dia bukan tipikal orang yang gampang tidur dalam rapat. Saya bisa pastikan dia bukan anak muda yang hanya puas membaca data-data dari balik meja. Dia itu, memiliki dua keahlian sekaligus. Seorang konseptor juga pekerja. Pintar membuat perencanaan,dan hebat ketika melaksanakan apa yang sudah ia rencanakan.

Jika Hajriansyah membaca catatan ini, semoga saja ia segera membuat rencana untuk ke Banjarbaru. Saya yakin dia akan melakukan hal itu. Dia pemuda yang tanggap, cepat dan enerjik.

Saya hanya ingin mengajaknya minum kopi agar ia tidak terlalu tegang menghadapi Pemilu Legislatif pada 17 April 2019 mendatang. Tapi jika ia terlalu sibuk saat ini, aku tak memaksa. Selamat berjuang, kawan. Doaku untukmu!

Temukan Artikel Menarik Lainnya Melalui Topik di Bawah Ini:
Teknologi | Otomotif | Politik | Olahraga | Kesehatan | Esai | Cinta | Sosok | Tips & Trik | Traveling | Ulasan | Cerpen | Games
Hubungi Admin Tandapetik.com

Artikel Berkaitan