Dua Kepala Daerah Di Kalimantan Selatan Terima Anugerah Kebudayaan PWI

  • Whatsapp
Dua Kepala Daerah Di Kalimantan Selatan Terima Anugerah Kebudayaan PWI
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani (lima kiri) bersama penerima anugerah lainnya. (Foto: ist)

JAKARTA, tandapetik.com –Di antara sepuluh kepala daerah di Indonesia sebagai penerima Anugerah Kebudayaan PWI, dua kepala daerah berasal dari Kalimantan Selatan. Yakni, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani.

Dua Kepala Daerah Di Kalimantan Selatan Terima Anugerah Kebudayaan PWI
Walikota Banjarmasin Ibnu Sina. (Foto: ist)
Dua Kepala Daerah Di Kalimantan Selatan Terima Anugerah Kebudayaan PWI
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani. (Foto: ist)

Keduanya ditetapkan sebagai penerima anugerah sebagaimana keputusan Dewan Juri Anugerah Kebudayaan PWI 2020, terdiri Nungki Kusumastuti sebagai ketua, dan anggota Agus Dermawan T, Ninok Leksono, serta Yusuf Susilo Hartono.

Anugerah diberikan atas dedikasi dan perhatian mereka terhadap kebudayaan, melalui program pelestarian budaya.

Selain keduanya maka delapan kepala daerah lagi, antara lain Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Walikota Bau Bau AS Tamrin, Bupati Gunungkidul Badingah, Bupati Tubaba Umar Ahmad, Bupati Halmahera Barat Danny Missy, Bupati Serdang Bedagai Soekirman, dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

“Sepuluh kepala daerah bukan hanya menyampaikan kata-kata atau proposal, tetapi memaparkan gagasan-gagasan luar biasa yang memiliki keunikan tersendiri melalui dialog kebudayaan,” kata Ketua Dewan Juri Anugerah kebudayaan PWI Pusat Nungki Kusumastuti di kantor .

Dialog kebudayaan dilakukan untuk mengetahui benang merah ke-Indonesia-an dari ragam budaya luar biasa. Tentunya, kepala daerah yang lebih mengetahui dan mengerti bagaimana cara melestarikan budaya di daerahnya. Termasuk kelebihan dan kendala dihadapi dalam melestarikan kebudaan lokal. “Kerja keras harus dilakukan kalau ingin melestarikan kebudayaan,” imbuhnya.

Disebutkan Nungki, ada 30 proposal dibaca dan dipelajarinya. Malah, ada proposal dengan ketebalan 250 halaman. “Memang terkadang membikin kesal. Ketika diulas dan dipahami, pelestarian kebudayaan ini merupakan mata kuliah yang tak cukup 16 kali pertemuan dengan mahasiswa

Setelah proposal tadi disaring, dipilih 10 kepala daerah dari 10 kabupaten kota, yang semua sama baiknya. “Mereka, 10 bupati dan walikota berhak mendapatkan anugerah kebudayaan,” sebut Nungki Kusumastuti, yang juga dosen di Institut Kesenian Jakarta.

Penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI 2020 ini secara khusus diagendakan akan diberikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada puncak perayaan Hari Pers Nasional di Banjarmasin, Februari 2020 mendatang.  (dya)

Pos terkait