Dispersip Datangkan As Laksana, Nurliani Dardie: Agar Masyarakat Semakin Cerdas

  • Whatsapp
Dispersip Datangkan As Laksana, Nurliani Dardie: Agar Masyarakat Semakin Cerdas
As Laksana. (foto:net/tandapetik.com)

BANJARMASIN, tandapetik.com –  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispersip) Kalsel kembali mendatangkan salah satu penulis kenamaan Indonesia yang rajin menelurkan karya-karya hebat; As Laksana, seorang sastrawan, pengarang, kritikus sastra dan wartawan yang selama ini dikenal aktif menulis di berbagai media cetak di Indonesia.

Penulis yang rutin mengisi esai di Jawa Pos ini dihadirkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel untuk berbicara tentang penulisan kreatif pada Sabtu, 16 November mendatang.

As Laksana adalah salah satu sastrawan Indonesia yang dikenal luas karena karya-karyanya seperti ‘Bidadari yang Mengembara’, terbit pada 2004 dan meraih penghargaan Buku Sastra Terbaik dari majalah Tempo, bukunya yang lain ‘Murjangkung: Cinta yang Dungu dan Hantu-Hantu’ (2013) kembali meraih penghargaan Buku Sastra Terbaik dari majalah Tempo dan masuk Lima Besar Khatulistiwa Literary Award 2013. As Laksana sering dipuji sebagai penulis yang mahir berakrobat dengan bahasa, piawai meracik humor, kelisanan, dan budaya dalam prosa.

Selain itu, As Laksana juga merupakan penulis yang tak pelit terhadap ilmu yang ia miliki. Di berbagai kesempatan ia sering membagikan kiat-kiat menulis kepada khalayak umum. Menulis adalah latihan terbaik untuk memperbaiki cara berpikir. Ketika menulis, seluruh proses berpikir kita dilibatkan, ada mengingat, menganalisis, berobservasi, berlogika. Karena di sekolah tidak ada pelajaran menulis, maka rata-rata orang tidak terlatih berpikir, kata pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah pada 25 Desember 1968 ini.

Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie sendiri ketika disinggung soal usahanya yang rajin mendatangkan penulis-penulis besar ke Kalimantan Selatan mengatakan bahwa tujuannya jelas, memberi pengetahuan dan wawasan seputar dunia baca dan penulisan agar masyarakat semakin cerdas.

Lebih lanjut Nurliani mengatakan, pelatihan menulis ini terbuka untuk umum.

“Acaranya sendiri akan dimulai pukul 09.00 waktu setempat,” tutupnya.

Pos terkait