fbpx
Kesehatan

Dibalik Kopi Pahit Tersembunyi Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

TandaPetik.Com – Kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh orang-orang di segala penjuru dunia. Selain dipercaya sebagai obat ngantuk, minuman yang identik dengan warna hitam mengandung kafein ini juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Masa sih?

Dalam masyarakat indonesia sendiri, meminum kopi merupakan kebiasaan yang lumrah dilakukan, baik sebagai teman saat begadang atau sebagai kawan saat nongkrong di pagi hari sambil nyemil gorengan.

Bahkan sekarang penikmat kopi bukan hanya kalangan orang dewasa saja tetapi kopi juga digandrungi para remaja generasi milenial.

Selama ini, minum kopi umumnya dicampur dengan gula agar tercipta perpaduan pahit kopi dengan manisnya gula. Kebiasaan itu kerap membuat seseorang merasa belum lengkap jika kopi tanpa gula. Padahal, jika kita mau meminum kopi tanpa larutan gula, kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan. Apa itu? Baca terus artikel ini ya!

Baiklah, hasil penelusuran tandapetik.com dari berbagai sumber disebutkan beberapa manfaat mengkonsumsi kopi tanpa gula alias kopi pahit:

  1. Meningkatkan daya ingat

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan Jhon Hopkins University, Amerika Serikat, mengkonsumsi kopi tanpa gula ternyata memberikan efek untuk meningkatkan daya ingat secara maksimal.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kandungan kafein dalam kopi apabila dikonsumsi 200 ml bisa membangun daya ingat seseorang bisa tetap stabil dalam 24 jam.

  1. Mendukung diet

Kopi hitam tanpa gula dapat menjadi minuman rendah kalori, nah jadi kalian bisa membuat minuman ini sebagai program diet. Kalian tidak perlu khawatir karena tidak ada gula dalam kopi sehingga kalori yang ditemukan juga rendah.

  1. Mempercepat pemulihan

Ada rasa bangga dan kepuasan saat otot-otot di tubuh terasa pegal sehabis olahraga. Namun rasa pegal yang tak kunjung hilang kadang membuat kita malas dalam berolahraga kembali di hari berikutnya.

Untuk mengatasinya kalian bisa meminum kopi sebelum meumulai aktivitas dalam berolahraga. Menurut riset dalam journal of strenght conditioning and research menemukan bahwa nyeri otot akan berkurang secara signifikan setelah latihan kekuatan pada peserta yang meminum kopi satu jam sebelum olahraga.

  1. Mencegah penurunan saraf

Mengkonsumsi kopi tanpa gula terbukti secara kognitif mampu mencegah penuaan yang berhubungan dengan saraf, selain itu kandungan flavonoid dalam kopi tanpa gula dapat mencegah penyakit akut.

Meski demikian, harus diperhatikan meminum kopi secara berlebihan dengan atau tanpa gula pasti akan menimbulkan beberapa masalah pada kesehatan.

Sudah pasti, kan, sesuatu yang berlebihan itu meskipun bersifat baik pasti akan merugikan.

Selamat mencoba dan nikmatilah kopimu meskipun pahit.

Temukan Artikel Menarik Lainnya Melalui Topik di Bawah Ini:
Teknologi | Otomotif | Politik | Olahraga | Kesehatan | Esai | Cinta | Sosok | Tips & Trik | Traveling | Ulasan | Cerpen | Games
Hubungi Admin Tandapetik.com

Artikel Berkaitan