fbpx
KesehatanUlasan

Dahsyat, Ini Manfaat Arang Putih yang Harus Diketahui

TandaPetik.ComArang putih atau secara teknis disebut Binchotan dan dalam bahasa Inggris White Charcoal ternyata memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Jika diperhatikan sekilas, antara arang biasa yang digunakan sebagai sarana memasak hampir tak ada bedanya. Eits, faktanya tidak demikian. Ada perbedaan mencolok jika kita mau teliti. Yuk kita gali lebih dalam tentang arang putih (binchotan) ini.

Untuk mengetahui secara detil, redaksi tandapetik.com menemui salah seorang pengrajin arang di Banjarbaru. Panggil saja namanya Narwanto. Dia sudah lama bergelut di bidang arang. Mulai arang putih sampai arang biasa.

Menurut pengakuannya, keahliannya mengolah arang putih ia dapat dari belajar langsung kepada para ahlinya dari Jepang.

Souvenir Trophy Arang
Souvenir Trophy Arang

“Awalnya saya hanya mengamati komoditas arang via online saat masih tinggal di Surabaya. Dari situ timbul keinginan melakoni bisnis arang dan gayung bersambut. Saya mendapat tawaran mengelola investasi tungku buyer dari Jepang, karena mereka cari orang yang tepat. Akhirnya saya putuskan pindah dari Surabaya ke Kabupaten Barito Timur. Di sanalah awal mula diajari pembuatan arang putih langsung oleh tim dari buyer Jepang.

Pengalaman Narwanto mengolah arang putih menurutnya sebuah pengalaman berharga dan tak ingin ia sia-siakan. Saat ini ia sedang fokus mengembangkan arang sebagai karya seni dan kerajinan tangan.

Dari tangan dinginnya, ia berhasil mengolah arang menjadi berbagai macam produk. Seperti, plakat atau trophy dari arang, souvenir mata kalung, dan menjual stick arang sebagai sarana kesehatan.

Pembuatan Arang Putih/Binchotan/White Charcoal

Bagi sebagian orang, defenisi arang putih dianggap warna arang berwarna putih. Sebenarnya tidak demikian. Dinamakan sebagai arang putih harus dilihat dari proses pengolahannya yang berbeda.

Pada umumnya, arang biasa proses karbonisasi dilakukan dengan cara pembakaran parsial dengan sedikit udara. Perhatikan arang biasa yang umumnya digunakan sebagai sarana memasak, membakar sate, bakar jagung, umumnya tetap mempertahankan kulit dari pohon.

Sebaliknya, binchotan alias arang putih diproduksi dengan cara berbeda dan kompleks. Arang putih dibuat dengan proses penghangusan kayu pada suhu yang relatif rendah untuk beberapa waktu, kemudian, menjelang akhir proses, meningkatkan suhu bakar sekitar 1000ÂșC untuk membuat kayu merah dan panas.

Arang tersebut kemudian ditarik keluar kemudian dengan cepat dibubuhi dengan serbuk khusus untuk mendinginkannya. Serbuk tersebut adalah campuran tanah, pasir dan abu, sehingga memberikan rona keputihan pada permukaan arang.

Melalui proses tersebut di atas, binchotan cenderung lebih kuat, berwarna putih dan tidak memiliki debu sama sekali.

Manfaat Binchotan/Arang Putih/White Charcoal

Siapa yang menyangka jika binchotan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebagai contoh, seperti yang disampaikan Narwanto ketika disambangi tandapetik.com di galeri atau workshop Rumah Pengarang di jl. Sidomulyo Raya No.16 Landasan Ulin Timur, saat binchotan dimasukkan ke dalam wadah berisi air, maka saat itu terjadi proses penyaringan mineral alami dan lebih sehat untuk dikonsumsi.

Arang putih ini juga dapat membantu menyerap bahan kimia dalam pipa air. Arang putih juga memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh dan membantu meningkatkan sirkulasi darah, kulit, dan rambut ketika ditambahkan dalam air mandi.

Arang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Arang putih juga memasok ion negatif sehingga memurnikan dan menyeimbangkan kadar air di udara.

Temukan Artikel Menarik Lainnya Melalui Topik di Bawah Ini:
Teknologi | Otomotif | Politik | Olahraga | Kesehatan | Esai | Cinta | Sosok | Tips & Trik | Traveling | Ulasan | Cerpen | Games
Hubungi Admin Tandapetik.com

Artikel Berkaitan