Teknologi

Cegah Kejahatan Cyber Melalui Hal Kecil Ini

TandaPetik.Com – Sering kali kita lalai dengan hal kecil saat berselancar di dunia maya, yang mana itu bisa cegah kejahatan cyber. Apa mau kita tidak sadar sedang dipantau atau dikirimi virus oleh para penjahat cyber untuk mengintip aktivitas kita? Bahkan tidak tanggung-tanggung sampai menguras isi rekening bank loh. Mari simak, ini beberapa hal kecil yang bisa mencegah kejahatan cyber.

1. Jangan Asal Klik Link Di Media Sosial

Sering kali kita sangat lalai dengan hal ini, banyak orang yang terjebak dengan hal kecil seperti ini. Para penjahat cyber rata-rata memancing korbannya dengan memberikan link aspal (asli tapi palsu). Padahal dibalik link itu kita tidak tahu, apakah ada virus menanti kita? Tidak jarang, link ini bahkan di iklan kan di media sosial bahkan dibagikan oleh teman atau kerabat sendiri. Jadi kalau kalian mau selamat dari dunia maya, perhatikan hal kecil ini. Jangan sembarang klik link.

2. Gunakan Password Sulit

Menggunakan password yang sulit memang terbilang susah diingat untuk diri sendiri. Apalagi orang suka pelupa. Namun, hal kecil ini tentu akan menguntungkan kalian jika memiliki akun media sosial atau akun web lainnya. Karena, akan mempersulit para penjahat cyber untuk menerka password yang kita miliki.

3. Sembunyikan SSID WiFI Kalian

Ada banyak cara para penjahat cyber untuk mengobrak abrik komputer atau smartphone kita. Salah satunya dengan masuk melalui jaringan WiFi kalian. Alangkah lebih bagus, jika kalian sembunyikan SSID WiFi kalian, agar tidak diketahui orang. Untuk caranya kalian bisa menghubungi petugas provider WiFi kalian atau seacrhing di google.

4. Jangan Buka Laman Konten Dewasa

Menurut data dari berbagai sumber, banyak orang menjadi korban laman konten dewasa. Bahkan tidak sadar ada bahaya di dalam sana yang sedang mengintai. Seperti pencurian data dan privasi seseorang melalui laman tersebut.

Sering kali kita melupakan hal kecil ini, alangkah baiknya kita hati-hati dalam berselancar di internet. Semoga, kita terus terhindar dari marabahaya para penjahat cyber yang bakal merugikan nantinya.

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin