Bak Lobi Hotel, Ruangan Baca Perpustakaan Provinsi Berubah Lebih Wah

  • Whatsapp

TandaPetik.Com – Dinas Perpustakaan Provinsi Kalimantan Selatan membuat perubahan di ruang baca yang berada di lantai tiga. Berbagai ornamen sasirangan sebanyak 9 lembar ditambahkan untuk menambah hiasan dinding ruang baca. Selain itu plafon seperti di lobi hotel-hotel mewah juga ditambahkan. Enam buah lampu gantung berjajar rapi di palfon tersebut.

Sebagian meja dan kursi ala perpustakaan diganti dengan sofa yang membuat pengunjung bisa bersantai sambil ‘menikmati’ buku bacaan mereka. Lantai keramik yang awalnya nampak usang juga telah diganti dengan baru, menambah kesan seolah tidak memasuki ruang baca perpustakaan. Untuk letak buku sendiri, tidak banyak berubah, masih tetap berada di samping kiri dan kanan ruang baca.

Muat Lebih

Penambahan dan perbaikan ruang baca menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Nurliani Dardie dimaksudkan agar pengunjung bisa menikmati dan lebih santai saat berada di ruang baca. “Apalagi ada sofa-sofa yang empuk bisa lama membaca di sana (ruang baca), kalau meja dan kursi yang kayu itu bisa jadi sebentar saja membacanya,” ujarnya

Diletakkannya ornamen kain sasirangan menurutnya, agar kain sasirangan tetap lestari walaupun itu diperpustakaan. “Tidak mesti dimuseum saja, diperpustakaan memang harus ada ornamen sasirangan seperti ini, nanti kalau perlu kita tambahkan juga nama-nama dari sasirangan tersebut agar pengunjung tahu jenis-jenisnya,” ucapnya.

Usaha membangun perpustakaan agar lebih ramah untuk pengunjung, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan juga memperluas Kids Library mereka yang letaknya di lantai paling dasar. Juga, Videotron diadakan agar pengunjung nanti bisa tahu event apa saja yang bakal diadakan perpustakaan yang terletak di Pal Enam Banjarmasin tersebut.

Sementara itu, dia juga menghimbau kepada pengunjung agar tetap menaati peraturan dan tata tertib serta menjaga fasilitas yang tersedia.

“Sudah banyak tulisan imbauan yang khususnya di area berpagar. Mari bersama-sama memelihara dan menjaga fasilitas serta menjaga ketertiban dan kebersihan sebaik-baiknya,” imbaunya.

Pos terkait