fbpx
Ulasan

Asyiknya Wisata ke Pulau Bekantan di Waduk Riam Kanan

TandaPetik.Com – Wisata Pulau Bekantan Riam Kanan. Saat ini ada lagi tujuan wisata baru di Kalimantan Selatan. Namanya Pulau Bekantan. Pulau yang menjadi tempat Habituasi para Bekantan ini terletak di Kecamatan Aranio,  Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Persisnya di area Waduk atau Danau Riam Kanan.

Potensi Riam Kanan Sebagai Objek Wisata Kalsel

Wisata Riam KananSebelum membahas tentang Wisata Pulau Bekantan, perlu juga disampaikan bahwa sudah sejak lama area Waduk Riam Kanan dijadikan objek wisata. Ada beberapa alasan orang-orang berkunjung ke tempat ini. Contohya, para penghobi mancing mania sering menjadikan waduk Riam Kanan sebagai tujuan karena berbagai macam jenis ikan ada di sini. Mulai Nila, Ikan Mas, Gurame dan lain-lain.

Bagi yang suka berkemah atau bersantai, di tempat ini juga terdapat pulau Pinus. Sebuah pulau yang banyak ditumbuhi pohon Pinus. Pulau ini sejak dulu sudah terkenal sebagai objek wisata.

Selain dua hal di atas, di area danau Riam Kanan saat ini juga terdapat Pulau Rusa. Sama tujuannya seperti Pulau Bekantan, pulau ini dijadikan habituasi Rusa.

Masih banyak spot wisata di area Riam Kanan. Seperti Bukit Batas, Tiwingan dan lain-lain. Tempat ini bisa dibilang kaya potensi wisata karena didukung dengan kondisi alamnya.

Habituasi Bekantan Kalsel

Habituasi Bekantan KalselSebagian orang mungkin masih asing dengan istilah habituasi. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, habituasi memiliki arti pembiasaan atau untuk sesuatu; penyesuaian supaya menjadi terbiasa (terlatih) pada habitatnya.

Dari pengertian tersebut, Pulau Bekantan sebagai tempat habituasi memiliki tujuan untuk membiasakan para Bekantan yang semula dipelihara oleh manusia atau akibat konflik dengan manusia, sebelum dikembalikan ke habitat aslinya.

Informasi ini penulis dapatkan ketika didaulat menjadi salah satu narasumber penulisan program Writer Millenial Community (WMC) yang diadakan Media Online KoranBanjar.Net yang didukung oleh PT. Adaro dan Dinas Kehutanan Prov. Kalsel melalui UPT. Taman Hutan Rakyat (Tahura).

Terselenggaranya Pulau Bekantan di Riam Kanan ini memang diinisiasi oleh Dinas Kehutan Provinsi Kalsel, yang kemudian mendapatkan dukungan dan kerjasama pihak-pihak tersebut di atas. Termasuk Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDAM) Kalsel.

Cerita Bekantan di Riam Kanan

Saat ini ada 4 bekantan yang sedang menjalani habituasi di Pulau Bekantan. Menurut petugas UPT. Tahura, Heru Wibowo, para petugas pernah menjumpai Bekantan liar sering singgah ke pulau ini. Namun karena sifat Bekantan memiliki kemampuan berenang bahkan menyelam di air, pulau-pulau mana saja yang menjadi tujuan Bekantan liar tak bisa terlacak dengan baik.

“Pernah petugas kami mencoba mengikuti arah larinya Bekantan ketika sedang berenang di air, tapi saat itu si Bekantan justru menyelam di dalam air dalam waktu cukup lama dan ketika muncul, tahu-tahu jaraknya sudah jauh,” ungkap Heru menceritakan tentang Satwa Bekantan liar yang ada di daerah Riam Kanan.

Heru berharap, dengan adanya habituasi Bekantan ini, para Bekantan liar juga betah tinggal di Pulau Bekantan yang luas areanya mencapai 24,6 Hektar ini,” ujar Heru.

Kerjasama PT. Adaro dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel

WMC Koran BanjarSecara detil penulis tidak tahu MoU antara PT. Adaro dan Dinas Kehutanan dalam pengolahan habituasi Bekantan di Pulau Bekantan.

Namun, hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel, Dr Hanif Faisol Nurofiq SHut MP yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, kerjasama habituasi Bekantan adalah membangun infrastruktur seperti sarana jalan, shelter peristirahatan bagi pengunjung, pos jaga dan berbagai macam infratruktur yang diperlukan untuk habituasi itu sendiri.

Dalam kesempatan itu pula, Hanif menjelaskan konsep Pulau Bekantan sebagai destinasi wisata di Kalsel agar layak dikunjungi oleh para wisatawan.

“Secara alamiah, di Pulau Bekantan ini sudah memiliki pemandangan yang cantik. Sayang jika tidak dimaksimalkan,” ungkap Hanif menceritakan rencana akan dibangun tempat-tempat peristirahatan bagi para pengunjung Pulan Bekantan.

Tempat peristirahatan ini letaknya akan terpisah dengan Pulau Bekantan. Persisnya berada di pulau terdekat yang saat ini sudah terhubung dengan jembatan yang sekaligus dijadikan sebagai pemberhentian kapal ferry.

Jembatan Pulau Bekantan

“Jadi habituasi Bekantan ini kerjasama antara PT. Adaro dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel. Sifatnya saling bekerjasama dalam pembangunan infrastruktur. Untuk jembatan itu dibangun oleh pihak dinas melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018 lalu,” ungkapnya.

 

Wisata dan Konsep Ekonomi Kerakyatan

Sistem ekonomi kerakyatan adalah suatu sistem ekonomi yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat. Lantas apa kaitannya dengan wisata?

Kalau dipikir, habituasi Bekantan memiliki tujuannya sendiri, sebuah cara menyelamatkan Bekantan untuk mandiri sesuai sifat binatang yang dimilikinya. Jadi, tidak ada hubungannya dengan pariwisata. Lantas, kenapa harus ada wisata pulau Bekantan di Riam Kanan?

Kembali kepada konsep ekonomi kerakyatan di atas. Ekonomi rakyat adalah suatu kegiatan ekonomi atau usaha yang dilakukan oleh rakyat kebanyakan yang mengelola sumber daya ekonomi dengan secara swadaya, menurut apa saja yang dapat diusahakan dan dikuasainya.

Dengan adanya Pulau Bekantan, dan pemerintah daerah juga mengupayakannya sebagai tujuan wisata, maka ada korelasi yang bisa ditarik sebagai benang merah. Untuk di Riam Kanan sendiri, dengan adanya Pulau Bekantan, kapal-kapal fery milik warga akan memiliki jalur tujuan baru.

Orang-orang yang berdatangan ke Riam Kanan akan menggunakan kapal Ferry mereka sebagai satu-satunya sarana transportasi air. Dengan begitu, roda perekonomian di sana akan lebih dinamis. Belum lagi penghasilan dari lahan parkir, warung makan atau warung kopi dan mungkin juga pusat oleh-oleh daerah setempat.

Dari hasil pengamatan penulis, saat kita sampai di tujuan, mendekati dermaga pelabuhan Riam Kanan, di sana saat ini juga telah tersedia ojek untuk mengantar para wisatawan menuju dermaga.

Kesempatan itu digunakan sebaik-baiknya oleh warga setempat mengingat jika harus berjalan kaki menuju dermaga, atau desa di sekitar dermaga, lumayan melelahkan untuk berjalan kaki bagi pengunjung.

Inilah salah satu contoh tumbuhnya ekonomi kerakyatan di tempat tersebut. Bagaimana pemerintah mengupayakan agar orang-orang berkunjung ke Riam Kanan? Disitulah tantangannya.

Mengingat Riam Kanan memiliki potensi besar sebagai area wisata, maka menurut penulis, wisata Pulau Bekantan sudah tepat. Menyediakan berbagai alternatif tujuan wisata ke Riam Kanan adalah strategi yang baik.

 

Temukan Artikel Menarik Lainnya Melalui Topik di Bawah Ini:
Teknologi | Otomotif | Politik | Olahraga | Kesehatan | Esai | Cinta | Sosok | Tips & Trik | Traveling | Ulasan | Cerpen | Games
Hubungi Admin Tandapetik.com

Artikel Berkaitan