Kesehatan

Alasan WHO ‘Kecanduan Game’ Masuk Klasifikasi Penyakit

TandaPetik.Com – Kecanduan game. Sistem imbalan atau insentif, seperti akumulasi poin atau memenangkan uang menjadi penyebab kecanduan bermain game masuk dalam kategori gangguan mental dan adiktif. Sejarah mencatat untuk kali pertama Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) memasukan gangguan akibat bermain gim (game) ke dalam Gangguan Mental dan Adiktif dalam Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD).

Database ICD sendiri menyediakan data mengenai penyebab ribuan penyakit, cedera dan kematian di seluruh dunia, serta informasi mengenai pencegahan dan pengobatan. ICD terakhir kali direvisi 28 tahun lalu. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (19/6/2018).

Alasan WHO Kecanduan Game Sebagai Penyakit

Dalam edisi terbaru, perubahan gangguan akibat main gim ditambahkan ke dalam gangguan mental dan adiktif, karena permintaan akan layanan untuk mengatasi kondisi ini telah meningkat.

Gangguan akibat main gim biasanya terkait dengan sistem imbalan atau insentif, seperti akumulasi poin dalam kompetisi dengan orang lain atau memenangkan uang. Game ini pada umumnya dimainkan dengan perangkat elektronik dan video.

Para pejabat WHO mengatakan bahwa statistik, terutama dari negara-negara Asia Timur dan Selatan, menunjukkan hanya dua atau tiga persen orang kecanduan gim.

Tanda Penyakit Kecanduan Game

Ciri atau tanda penyakit kecanduan game diungkapkan direktur Kesehatan Mental dan Penyalahgunaan Obat WHO, Shekhar Saxena, menggambarkan beberapa tanda-tanda kecanduan game.

“Hati-hati apabila orang yang dekat dengan Anda, seorang anak atau orang lain, bermain gim secara berlebihan. Apabila menghabiskan terlalu banyak waktu dan apabila mengganggu keseharian orang itu, entah itu sekolah, sosialisasi, atau kerja, maka Anda perlu waspada dan mungkin mencari bantuan,” ungkap Saxena.

Gambaran lain bagaimana game juga mempengaruhi psikologi seseorang juga pernah dituliskan dalam artikel Mobile Legends: Antara Noob dan Kebun Binatang. Dalam tulisan tersebut, umpatan demi umpatan cenderung terjadi dan sangat mungkin mengubah karakter seseorang terganggu secara emosional.

Tags

harum manis

Penulis lepas dan menerima pesanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin