Advokat Kalsel, Supiansyah Darham, SE,SH; Berangkat dari Pengamat yang Kritis

  • Whatsapp
Advokat Kalimantan Selatan, Supiansyah Darham, SH.

Advokat atau pengacara Kalimantan Selatan, Supiansyah Darham SE, SH adalah sosok yang dulunya dikenal sebagai pengamat politik, sosial yang sangat kritis. Dia lebih dikenal dengan sebutan Supi.

Advokat yang familiar dengan para kuli tinta ini dilahirkan di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada 01 Juni 1967. Meski sudah berprofesi sebagai advokat Kalimantan Selatan yang cukup dikenal, namun latar belakang sebagai pengamat politik atau sosial masih melekat pada dirinya.

Supiansyah, SH tidak bisa melihat ketimpangan atau kejanggalan yang terjadi pada pemerintahan, apalagi menyangkut kasus tindak pidana korupsi. Sebaliknya, dia juga sangat peduli terhadap terhadap masyarakat lemah yang menghadapi persoalan hukum. Karena itu, sejak menjadi pengacara, dia telah membuka layanan atau melayani konsultasi hukum secara profesional maupun konsultasi hukum secara gratis.

Supiansyah Darham, SH sekarang tinggal di Komplek Perumahan Bina Murni Lesrari Jl Taman Bina Murni No 01 RT 05 RW 02 Kelurahan Lok Tabat Utara, Kecamatan Banjarbaru Utara Kode Pos 70712, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Sebelumnya Supiansyah Darham, SH lebih dikenal sebagai pemerhati sosial, pemerintahan, bahkan pengamat politik di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Di kalangan kuli tinta atau wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Banjar, dia sering dikenal dengan sebutan om Supi.

Statemen yang disampaikan Supiansyah Darham dalam mengkritisi kebijakan pemerintah melalui media cetak, elektronik maupun media online, terbilang sangat kritis dan pedas. Tak heran, banyak kalangan pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah, Kepolisian maupun Penegak Hukum lain yang gerah saat mendapat perhatian dari tokoh yang satu ini.

Dari hasil investigasi yang dilakukan Supiansyah Darham, SH selama label Pemerhati Sosial atau Pengamat Politik melekat pada dirinya, banyak kasus korupsi yang terungkap, hingga menyebabkan sejumlah pejabat penting harus meringkuk di dalam penjara. Padahal masa-masa itu, Supiansyah Darham juga masih berprofesi sebagai Karyawan Bank Danamon di Kota Martapura. Bahkan dia juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Kemudian, mulai tahun 2008 hingga 2012, nama Supiansyah Darham sempat menghilang dari dunia pemberitaan. Ternyata Supiansyah Darham sedang melakukan transisi perpindahan profesi, dari seorang pemerhati dan pengamat menjadi seorang advokat atau pengacara profesional.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 bidang hukum di Universitas Tri Tunggal Surabaya, Jurusan Hukum Perdata tahun 2013, kemudian menyelesaikan S2 pada Unitomo Surabaya, Konsentrasi Hukum tahun 2015, Supiansyah Darham fokus menjadi seorang advokat atau pengacara profesional. Sejak itupula, Supiansyah Darham mulai membuka Kantor Hukum Supiansyah.D.SE.SH & Rekan di Kota Banjarbaru.

Sejak membuka Kantor Hukum Supiansyah Darham, SH dan Rekan di Kota Banjarbaru, banyak kasus yang sudah ditangani dengan tuntas, baik itu melalui jalur litigasi maupun non litigasi.

Tak Ada Istilah Terlambat

Supiansyah Darham, SH tidak menyangka perjalanan hidupnya menjadi seorang lawyer atau pengacara. Awal karirnya dia berprofesi sebagai seorang karyawan bank swasta, politisi, pemerhati sosial dan pengamat politik. Akan tetapi dia sangat menyadari bahwa fashion-nya justru lebih condong kepada profesi pengamat dan advokat.

“Saya tidak menyangka kalau sekarang malah jadi pengacara. Dulunya hanya seorang karyawan bank swasta, kemudian suka mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang timpang. Makanya, bidang yang lebih cocok buat saya, memang pemerhati dan advokat ini. Walaupun sudah tua, namun tidak ada istilah terlambat bagi saya untuk belajar. Ketika kuliah mengambil jurusan hukum, saya fokus dan suka membaca buku-buku hukum. Saya juga banyak belajar menangani perkara hukum dengan orang-orang yang berpengalaman, makanya saya sangat menikmati profesi pengacara ini,” ungkap Supiansyah.

Lugas, Tegas dan Lobi

Menjadi seorang advokat atau pengacara, bagi Supiansyah Darham, SH tidak cukup berbekal ilmu bidang hukum semasa kuliah. Tetapi juga dibutuhkan pengalaman, relasi yang bagus, serta memiliki kemampuan lobi yang handal. Tidak kalah pentingnya bersikap lugas dan tegas dalam menghadapi setiap perkara hukum.

“Memiliki ilmu tentang hukum itu sudah pasti yang utama. Tetapi hanya mengandalkan ilmu hukum juga tidak bisa, kita butuh belajar dengan mereka yang mempunyai pengalaman banyak dalam menghadapi perkara hukum. Selain itu, juga dibutuhkan sikap yang lugas, tegas, bahkan memiliki kemampuan lobi yang sangat baik. Karena menjadi pengacara ini juga dibutuhkan ilmu marketing, bagaimana meyakinkan klien agar percaya menggunakan jasa kita. Karena profesi advokat atau pengacara ini kan bekerja menjal jasa,” ungkapnya.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan Jasa Pendampingan Hukum atau Konsultasi Hukum dapat menghubungi WhatsApp yang tertera di sini :

0852.499.28000 / 0878.219.28000

Profile Supiansyah Darham, SE, SH

Kartu Anggota Pengacara.

Nama                                 : Supiansyah Darham, SE, SH

Tempat, Tanggal Lahir  : Amuntai, 01 Juni 1967

Alamat.                             :

Komplek Perumahan Bina Murni Lesrari Jl Taman Bina Murni No 01 RT 05 RW 02 Kelurahan Lok Tabat Utara, Kecamatan Banjarbaru Utara Kode Pos 70712, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Status                            : Menikah

Agama                           : Islam

Phone                            : 0852.499.28000 /0878.219.28000

E-mail                            :

[email protected]/ [email protected]

Pendidikan Formal

2015-2016                     : Mahasiswa S2Hukum Universitas Unitomo Surabaya, Konsentrasi Hukum

2008-2012                     : Universita TRITUNGGAL Surabaya Jurusan Hukum Perdata

1989-1995                     : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nasional (STIE Nasional) Banjarmasin, Manajemen Perusahaan

1985-1988                     : SMUN 1 Banjarmasin

1982-1985                     : SLTPN 9 Banjarmasin

Pendidikan Nonformal

2013                              : Pendidikan Khusus Profesi Advokat Peradi DPC IKADIN Surabaya

2014                              : Pendidikan Khus Profisi Advokat DPD KAI Kalsel

2014                              : Pendidikan Profisi Advokat LPKAI Peradin Surabaya

Pengalaman Kerja

1991- 2009                    : PT. Bank Danamon Indonesia Tbk

2013-2016                     : Kantor Hukum Supiansyah D. SE.SH & Rekan Pengalaman Organisasi

1991-2010                      : Ketua DPD PAN Kabupaten Banjar

2010-2016                      : Wakil Ketua DPW PAN Kalmantan Selatan (Adokasi)

Penghargaan

2002                              : Kader Amanat Utama (DPP PAN Jakarta)

1999                              : Kader Amanat Madya

2003                              : Pelatihan Dasar Perbankan Syariah

2011                               : Nasional Kontruksi Hukum dan Pendidikan Dalam Madani Kalimantan Selatan.

(sumber; koranbanjar.net)