Lima Tahun Kepemimpinan Erick Thohir, PLN UP3 Garut Dukung Transisi Energi Dengan Menghadirkan SPKLU dan SPLU Untuk Kenyamanan Komunitas Kendaraan Listrik Laksanakan Tour

Photo of author

PERAKNEW.com – Di bawah kepemimpinan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir selama lima tahun terakhir, PT PLN (Persero) terus memperkuat dukungannya terhadap transisi energi dengan penyediaan infrastruktur kendaraan listrik di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Kabupaten Garut. Dalam upaya mewujudkan Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060, PLN UP3 Garut telah mengoperasikan 9 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang siap melayani kebutuhan pengguna kendaraan listrik (electric vehicle/EV) selama 24 jam penuh.

Beberapa kalangan masyarakat sangat merasakan manfaat dan keuntungan transisi ke kendaraan listrik ini. Terutama bagi pengguna motor listrik yang tergabung dalam Polytron Electric Vehicle Rider (PEVR).

Sebelumnya Polytron Electric Vehicle Rider telah menyelenggarakan Mini Tour Motor Listrik dari Bandung ke Garut menggunakan motor listrik. Polytron Electric Vehicle Rider adalah merupakan komunitas yang didirikan sebagai wadah diskusi sekaligus silaturahmi antar pengguna motor listrik.

Dalam rangkaian kegiatan ini, PLN UP3 Garut menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pada ULP Garut Kota untuk memastikan tidak adanya hambatan dalam pengisian batterai sehingga perjalanan peserta touring motor listrik menjadi lancar.

Baca Juga : Pengembangan Biomassa PLN di Tasikmalaya: Dikelola Masyarakat, Didukung Pemerintah

Manager PT PLN (Persero) UP3 Garut, Atikah Dewi Anggreny, mengatakan, “Kami sangat mendukung kegiatan Mini Tour Polytron Electric Vehicle Rider. Ini adalah langkah konkrit untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi karbon dan meningkatkan penggunaan energi bersih. Kami berharap dengan adanya dukungan ini, masyarakat semakin tertarik untuk beralih ke kendaraan listrik,” ucapnya.

Atikah Dewi Anggreny juga menyampaikan bahwa dengan semakin banyaknya ekosistem kendaraan listrik, maka PLN UP3 Garut juga turut serta mensupport dengan menghadirkan SPKLU dan SPLU yang lokasinya dan layanannya dapat diakses dengan mengunakan Aplikasi PLN Mobile.

“Pengguna kendaraan listrik jangan khawatir karena PLN UP3 Garut telah menyediakan sebanyak 9 fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan spesifikasi 8 medium charger dan 1 fast charger,” kata Atikah.

Baca Juga : Ketua PWI Lamtim Tegaskan Wartawan Yang Terlibat Tim Sukses Harus Cuti

“Ke depannya, PLN UP3 Garut berencana menambah jumlah SPKLU di berbagai lokasi strategis lainnya, sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung transisi energi bersih dan mengakomodasi semakin banyaknya pengguna kendaraan listrik,” tambah Atikah.

“Kendaraan listrik tidak hanya ramah lingkungan karena minim emisi karbon, tetapi juga membantu pengguna menghemat biaya operasional. Untuk memudahkan para pengguna EV, PLN juga menyediakan aplikasi PLN Mobile yang memungkinkan akses mudah ke lokasi SPKLU dan SPLU terdekat,” jelasnya.

Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, Susiana Mutia, menegaskan pentingnya transisi energi yang sejalan dengan konsep energy trilemma-keandalan, keterjangkauan, dan keberlanjutan. “PLN berkomitmen untuk terus memperkuat infrastruktur kendaraan listrik sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah menjadikan kendaraan listrik sebagai moda transportasi utama di Indonesia,” ujar Susiana.

Baca Juga : Relawan Peduli Kemanusiaan SI-BE Jabar Bantu Korban Gempa Bumi

Pada Forum IISF 2024 di Jakarta, Direktur Utama PLN juga menegaskan komitmen PLN dalam mempercepat transisi energi dengan penyediaan infrastruktur yang andal untuk kendaraan listrik. “Penyediaan SPKLU adalah langkah nyata PLN dalam menjalankan inisiatif transisi energi demi mewujudkan target Net Zero Emissions pada tahun 2060,” tutup Susiana. (Herna)

source