37 Tahun Bentara Budaya Yogyakarta Gelar Pasar Yakopan

  • Whatsapp
37 Tahun Bentara Budaya Yogyakarta Gelar Pasar Yakopan
37 Tahun Bentara Budaya Yogyakarta Gelar Pasar Yakopan

YOGYAKARTA, tandapetik.com37 tahun Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) gelar agenda rutin tahunan Pasar Yakopan. Aktifitas Pasar Yakopan adalah menghadirkan beragam koleksi barang antik, hasil karya dari seniman seperti lukisan, baju, tas , dolanan anak, wayang karton, keris, batik, hingga pernak-pernik unik, Kamis (26-9-2019).

Pasar Yakopan digelar mulai 26-30 September 2019 dan terbuka untuk umum pukul 13.00-21.00 WIB setiap harinya. Selain pasar, BBY juga melaksanakan sejumlah kegiatan pendukung seperti workshop.

Muat Lebih

Salah seorang Pendiri Bentara Budaya Yogyakarta Sindhunata mengatakan, penyelenggaraan Pasar Yakopan bertepatan dengan ulang tahun dari Bentara Budaya Yogyakarta.

“Tahun ini BBY telah berusia 37 tahun, telah banyak kesenian dan kebudayaan yang lahir di sini bahkan hingga ide-ide penciptaan kesenian dan kebudayaan pun tercipta di tempat ini,” ujarnya.

Lebih jauh Sindhunata menceritakan sejarah pendirian Bentara Budaya Yogyakarta yakni oleh Jakob Oetama pada 26 September 1982.

“BBY ibarat rumah, rumah kita semua, rumah para seniman dan rumah bagi semua orang yang tertarik pada kesenian dan kebudayaan Indonesia. BBY juga berkah bagi para seniman,” jelas pria yang akrab disapa Romo Shindu itu.

Romo Shindu berharap dengan digelarnya Pasar Yakopan masyarakat dapat lebih mengetahui dan melihat secara langsung bahkan membeli barang-barang antik yang memiliki cerita maupun sejarah tersendiri bagi pemiliknya.

Di Pasar Yakopan pengunjung juga dimanjakan ratusan barang antik. Dari segi harga pasar barang antik dan unik ini terbilang tidak terlalu mahal, bahkan berlaku juga sistem tawar menawar.