Esai

Ya Ampun, Cium Istri Sendiri Kok Disalahkan

Akibat Grasa-Grusu

TandaPetik.Com – Saya tulis artikel ini dengan rasa geli menggelitik. Idenya muncul seusai menonton tayangan video dari Youtube. Entah apa maksud dan tujuan si pengunggah video membandingkan antara Ustaz Abdul Somad (UAS) dengan KH. Ma’ruf Amin dalam hal ketika bertemu wanita.

Boleh jadi video tersebut bermaksud propoganda, adu domba kepada tokoh muslim. Bisa pula memiliki tujuan politik untuk menciptakan kegaduhan di negeri tercinta ini. Semoga tidak! Tapi kalau niatnya cari viewer, mungkin iya. Tapi tetap kurang etis kalau demi viewer. Tak sebanding dengan receh yang didapat jika membandingkan dengan dampak yang diakibatkan.

Satu hal yang ingin saya pastikan, hasil analisa pengunggah video dengan akun ‘Suara Santri’ justru membuat saya terpingkal-pingkal. Sikap ini mungkin berbeda dengan yang ditunjukan sebagian orang. Alasan saya ketawa-ketiwi, tidak mau terseret dengan skenario yang disuguhkan, tidak gaduh, karena si pengunggah video kurang cermat dalam melakukan analisa.

Silakan tonton dulu video di bawah ini:

Lewat video di atas tampak jelas dampak negatif yang bisa menjangkiti orang-orang yang sukanya grasa-grusu. Siapa yang dirugikan? Saya tidak ingin membela salah satu ulama yang namanya disilang pautkan tersebut. Bagaimanapun, saya menghormati mereka berdua sebagai tokoh muslim. Sekilas, KH. Ma’ruf Amin lah yang dirugikan. Tapi sebenarnya, UAS pun juga terkena imbasnya.

Tayangan video di atas seolah-olah KH. Ma’ruf Amin tidak tahu hukum agama Islam, atau tahu tapi tidak dalam prakteknya. Sementara UAS lebih tahu dan mampu mempraktekkan. Apakah begitu yang ingin disampaikan kepada publik?

Seandainya terjadi kegaduhan antara pengikut, pengagum, atau jamaah KH. Ma’ruf Amin dan UAS, mereka saling ejek, saling fitnah, saling menjatuhkan, lagi-lagi saya ingin bertanya, itukah yang diinginkan?

Saya yakin, jika ada upaya untuk itu, insya Allah tidak terjadi. Buktinya saya tertawa.

Setelah video tersebut diunggah pada 1 Oktober 2018 dan menuai ribuan komentar, akun tersebut kemudian mengklarifikasi dengan video di bawah ini sehari setelahnya. Itu juga yang menjadi alasan kenapa saya terpingkal-pingkal. Makanya, jadi orang jangan grasa-grusu. Dikaji dulu dengan baik. Berikut video klarifikasinya:

Semoga Anda, pembaca artikel ini menemukan alasan untuk tertawa.

Tags

harie insani putra

Penulis kambuhan. Kadang menulis dengan jurus mabuk.

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin