Teknologi

Warning! Aplikasi Ini Berbahaya Buat Anak-Anak

TandaPetik.Com – Jutaan aplikasi yang terdapat di google play atau app store bisa saja mengancam dan berbahaya bagi anak-anak. Tidak salahnya, kalian para orang tua untuk waspada terhadap aplikasi yang dimainkan anak kalian. Berikut kami rangkum aplikasi berbahaya untuk anak-anak.

1. Aplikasi kencan

Semua orang sudah tahu, aplikasi ini tidak cocok untuk anak-anak. Namun apakah kalian akan tahu, jika smartphone mereka telah terisi aplikasi akibat mereka terunduh secara tidak sengaja. Sebaiknya cek aplikasi apa saja yang terpasang di smartphone kalian atau mereka.

2. Ask.fm

Aplikasi yang mengkhususkan dalam tanya jawab saja yang ditujukan untuk anak-anak. Namun, sering disalahgunakan sehingga harus perlu pendamping untuk menggunakannya. Kalau dibiarkan, nantinya bisa bahaya bagi anak kalian.

3. Roblokx

Memang aplikasi ini sepintas tidak berbahaya bagi anak-anak. Namun, apa jadinya jika ada bahaya yang mengancam anak dibawah 12 tahun jika memainkan game seperti ini. Interaksi chat dalam game ini lah yang membuat bahaya anak-anak. Pemikiran yang belum kritis dan tidak bisa membedakan mana link virus atau kejahatan cyber tentu menjadi momok bagi orang tua jika masih memperbolehkan anaknya untuk memainkan aplikasi ini.

4. Musical.ly

Aplikasi yang hampir sama dengan tiktok ini, dengan mengikuti alur musik dengan lip-syncing juga menjadi tren di kalangan anak muda bahkan orang tua sekalipun. Namun, apa jadinya jika anak kecil yang bau kencur menggunakannya. Tentu, tidak bagus untuk perkembangannya di masa depan. Terlebih, mereka belum mengerti apakah video ini akan tersebar atau tidaknya bahkan menjadi booming.

5. TikTok

Aplikasi ini memang sedang digandrungi banyak anak muda. Mirisnya, anak dibawah umur turut menggunakan aplikasi ini. Seperti yang tersebar di media sosial bahkan menjadi tranding, anak-anak sudah melakukan yang semestinya orang dewasa lakukan. Aplikasi ini sangat berbahaya bagi anak-anak. Bahkan penelitian South China Morning Post (SCMP) menemukan ratusan anak-anak Hong Kong berusia sembilan tahun telah mengungkap identitas mereka di platform ini. Jika sayang anak, kalian harus jauhkan aplikasi ini dari mereka.

Mungkin, masih banyak aplikasi yang berbahaya untuk anak-anak dan semestinya orang tua harus bijak dalam memberikan kebebasan dalam penggunaan smartphone kepada buah hati.

Tags

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin