Tips dan Trik

Tips Ampuh Basmi Kecoa Sampai Tuntas, Pelajari Caranya

TandaPetik.Com – Tips ampuh basmi kecoa sampai tuntas keakar-akarnya. Kehadiran kecoa di dalam rumah atau kantor memang menjengkelkan. Selain menjijikan, kecoa juga bisa menjadi biang penyakit.

Bayangkan ketika Anda sedang asyik memasak di dapur, mendadak ada kecoa melintas di piring, berkeliaran di lantai, apa gak menjijikan tuh?

Membasmi kecoa sebenarnya bukan hal gampang, karena kecoa tipikal yang mudah hidup di mana saja. Menurut Dr. Jim Fredicks, seorang Ahli Serangga dan Spesialis Kesehatan Lingkungan di Virginia, Amerika Serikat, seekor kecoa adalah hewan yang paling mudah beradaptasi di berbagai lingkungan dan kondisi. Risiko kesehatan yang dibawa oleh kecoa juga banyak sekali.

Fakta tentang Kecoa

Sebelum berusaha membasmi kecoa, tak ada salahnya mengetahui beberapa fakta penting tentang hewan bernama kecoa yang sedang kita bicarakan. Tujuannya, agar Anda benar-benar mengetahui jenis hewan yang sedang dihadapi.

  • Total ada lebih dari 4.000 spesies kecoa tersebar di seluruh dunia
  • Kecoa diyakini berasal lebih dari 280 juta tahun yang lalu dan ia adalah hewan yang hampir pemakan segala (selama bisa dimakan olehnya)
  • Kecoa diketahui sebagai satu-satunya hewan gak berukuran mikro yang mampu bertahan bahkan dari bom nuklir.
  • Kecoa termasuk salah satu dari sedikit hewan purba yang mampu bertahan dengan berbagai seleksi alam yang membawa kepunahan, hewan ini telah berevolusi berkali-kali sehingga makin tangguh dan susah dibasmi.
  • Kecoa merupakan serangga berdarah dingin, mereka dapat hidup tanpa makanan selama satu bulan. Walaupun begitu, jika tanpa air, mereka hanya bisa bertahan hidup selama satu minggu. Perbandingan antara kebutuhan makan dan minumnya kira-kira sama seperti hewan lain.
  • Kecoa bisa hidup selama seminggu tanpa kepala, karena sistem peredaran darah mereka terbuka. Kecoa mampu bernafas melalui lubang-lubang kecil di setiap segmen tubuh mereka, mereka gak tergantung pada mulut atau kepala hanya untuk bernafas. Penyebab mereka bisa mati karena tidak ada mulut, adalah karena itu membuat mereka tidak bisa minum air.
  • Kecoa bisa menahan napas selama 40 menit. Lebih mengerikannya lagi, kecoa juga dapat bertahan selama 30 menit jika tenggelam di bawah air, yang artinya mereka pun bisa menyelam cukup lama. Mereka sering menahan nafas untuk membantu mereka mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh.
  • Kecoa menghabiskan 75% dari waktu kesehariannya untuk beristirahat

Cara Ampuh Basmi Kecoa

Setelah mengetahui sebagian fakta penting tentang kecoa, mari kita bahas bagaimana cara membasmi kecoa sampai ke akar-akarnya.

  • Bersihkan sisa minyak yang menempel di piring, wastafel, meja makan dan tempat-tempat lainnya mengingat kecoa sangat senang dengan residu makanan, apalagi yang berminyak.
  • Serang rantai hidupnya dengan mencari sarang kecoa di rumah Anda. Untuk mengetahui sarang kecoa, perhatikan kotoran menyerupai serbuk kopi dan bau yang sangat apek. Jika sarang sudah ditemukan segera basmi dengan menyemprotkan insektisida.
  • Manfaatkan kapur barus untuk mengusir kecoa. Anda bisa tebarkan kapur barus di pojok-pojok ruangan. Wangi kapur barus tidak disukai kecoa dan dapat mengusir kecoa sehingga tidak datang lagi. Ingat, kapur barus hanya bertujuan untuk mengusir, bukan membasmi.
  • Antisipasi kecoa bersarang di tumpukan barang. Sebaiknya singkirkan barang-barang yang tidak terpakai, seperti tumpukan kayu bekas bangunanatau kardus. Kecoa gemar bersarang pada tumpukan kayu terutama saat hujan.
  • Teliti dan periksa tempat-tempat saluran air. Kecoa dapat bertahan hidup satu bulan tanpa makanan, namun ia tak bisa bertahan hidup lebih dari satu minggu tanpa air. Tempat lembap dan basah seperti di bawah wastafel atau saluran air kamar mandi, wc adalah tempat bermukim yang nyaman bagi kecoa.Oleh sebab itu, segera perbaiki jika terjadi kebocoran pipa air di rumah Anda.
  • Selain senang di tempat lembab, kecoa juga menyukai tinggal di tempat yang gelap. Seperti di atas plafon rumah. Jadi, bersihkan area plafon, atau bagian-bagian ruangan yang gelap.

Itulah sebagian tips membasmi kecoa sekaligus mencegah kecoa agar tidak numpang hidup di rumah Anda. Sudah tidak bayar sewa, nyuri makanan pulak! Hehehe…

Pelajari baik-baik tentang fakta kecoa di atas, dari sana Anda akan dapat berimprovisasi lebih jauh untuk membasmi kecoa.

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin
%d blogger menyukai ini: