Tips dan Trik

Tips Aman Merawat Bayi Baru Lahir

TandaPetik.Com – Kelahiran bayi yang sehat dan normal adalah anugerah yang diberikan Allah SWT. Khusus bagi pasangan muda, merawat bayi baru lahir bukanlah sesuatu yang gampang. Kurangnya pengalaman dan pegetahuan cara merawat bayi baru lahir membuat banyak perempuan yang baru pertama kali melahirkan meminta bantuan orangtuanya untuk membantu merawat si jabang bayi.

Selama merawat bayi baru lahir pastilah melelahkan dan sering memancing emosi. Namun Anda harus bersabar dan tidak perlu memiliki kekhawatiran yang berlebih.

Artikel ini sengaja ditulis untuk Anda agar lebih siap merawat bayi baru lahir. Sekadar untuk diketahui, ada beberapa tips aman merawat bayi baru lahir. Hal ini mengingat setiap bayi yang baru lahir perlu perhatian dan penanganan khusus dalam perawatannya.

Cara Aman Merawat Bayi Baru Lahir

  • .Bayi baru lahir menyusu secara bertahap

Bagi Anda ibu muda, atau mamah muda yang baru pertama kali melahirkan, usahakan memberikan air susu ibu (ASI) secara bertahap. Lambung bayi umumnya kecil dan sebaiknya air susu diberikan sedikit demi sedikit. Biasanya bayi akan memberikan kode ketika si bayi sedang lapar atau ingin menyusu. Durasi bayi ingin menyusu 1-2 jam. Menangis keras, mengisap jemari tangan, mengecap seperti mencari puting susu adalah ciri-ciri umum bayi sedang lapar.

Setelah mengetahui kebiasaan para bayi ketika lapar, Anda harus menahan kesabaran lebih tinggi. Waktu istirahat (tidur) atau menyelesaikan pekerjaan rumah Anda biasanya akan terganggu. Tapi begitulah si bayi.

  • Bayi baru lahir memerlukan rasa hangat ditubuhnya

Bayi belum memiliki kemampuan mengatur suhu tubuhnya secara efektif. Untuk menjaga kondisi bayi agar tetap hangat tentunya Anda sudah menyiapkan aneka perlengkapan bayi seperti topi, kaus kaki, kaus tangan, pakaian dan kain untuk membedong. Alat perlengkapan bayi tersebut merupakan barang kebutuhan bayi yang mutlak tersedia. Pastikan kondisi suhu tubuh bayi selalu dalam keadaan hangat. Jangan membuat bayi merasa kedinginan atau kepanasan agar si bayi tidak sakit.

  • Jangan Panik, Bayi baru lahir sering gumoh (muntah)

Pada umumnya, bayi memiliki kebiasaan usai menyusu, yakni mengeluarkan lagi susu tersebut dari mulutnya seperti orang muntah. Kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah gumoh. Gumoh (spitting up, atau refluks gastroesofageal) terjadi karena fungsi katup antara esofagus dan lambung belum sempurna. Selain itu, ukuran lambung bayi yang kecil dapat menjadi salah satu penyebab gumoh. Bagaimana cara mencegah agar bayi tidak muntah?

Tindak pencegahannya adalah memosisikan tubuh bayi tegak selama kurang lebih 30 menit usai menyusu. Waktu bisa saja kurang, dan bisa dicukupkan apabila bayi sudah bersendawa meski baru 15-20 menit.

  • Durasi Tidur bayi baru lahir lama

Durasi tidur bayi memang cukup lama. Biasanya bayi tidur selama 1-2 jam dalam sekali tidur. Jika dijumlahkan dalam satu hari, bayi bisa tertidur selama 16 hingga 18 jam.

  • Cara bayi baru lahir tidur nyenyak di malam hari

Salah satu cara agar bayi tidak sering terbangun di malam hari adalah dengan membiarkan bayi melakukan banyak aktivitas ketika siang hari.

  • Bayi baru lahir kulitnya sensitif

Menjaga kebersihan bayi adalah hal utama karena kulit setiap bayi baru lahir sangat sensitif. Usahakan popok bayi tetap bersih dan kering. Gunakan air hangat dan kapas yang halus ketika membersihkan bokongnya lalu keringkan dengan handuk yang lembut. Jangan membersihkan bayi dengan menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol karena dapat memicu iritasi kulit. Selain itu, jangan memasang popok pada bayi terlalu kencang karena dapat membuat kulitnya lecet.

Demikian artikel tips aman merawat bayi baru lahir. Semoga bermanfaat.

Tags

harum manis

Penulis lepas dan menerima pesanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin