Traveling

Tiga Bangunan Bersejarah Di Banjarbaru Yang Masih Bertahan

TandaPetik.Com – Sejarah memang perlu kita ketahui, apalagi anak-anak jaman sekarang ini, seakan tidak peduli dengan sejarah kotanya sendiri. Nah, kami mau mengajak kalian bernostalgia terutama bagi warga Banjarbaru. Untuk mengenal bangunan bersejarah yang ada di Kota berjuluk idaman ini.

1. Mess L


Bangunan dekat Museum Lambung Mangkurat ini, dikenal dengan nama Mess L yang merupakan bekas wisma milik para pekerja industri Rusia saat masa keemasan hubungan Indonesia dan Uni Soviet. Akibat lama tidak dihuni dan difungsikan lagi, konon sering terdengar bunyi-bunyian dekat bangunan tua tersebut. Diperkirakan bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1960 an. Dan katanya bangunan ini akan dibangun wadah seni dan budaya oleh pemerintah Kota Banjarbaru. Semoga saja, jadi cantik lagi ya.

2. Tower Air di Taman Van Der Pijl


Kalian warga Banjarbaru tentu pernah melihat dan akrab denngan tower yang berdiri tinggi di Taman Van Der Pijl. Tower Air ini merupakan bangunan tua yang kurang terawat milik Badan Pengelola Air Minum Daerah yang sudah tidak difungsikan sejak 1994. Namun, PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Intan Banjar menyulap tower ini menjadi landmark yang cantik di pusat Kota Banjarbaru. Dilukis hampir tiga bulan oleh Sulistyono Hilda tower air ini banyak mendatangkan wisatawan lokal maupun luar daerah.

3. Rumah Van Der Pijl


Rumah yang berlamatkan di Jalan Ahmad Yani kilometer 34, dekat samping Jalan Sungai Kemuning ini menjadi ikon penting dalam kesaksian sejarah berdirinya Banjarbaru. Pasalnya, bangunan ini merupakan rumah arsitek Kota Banjarbaru bernama Van Der Pijl. Harga rumah katanya sudah melambung tinggi hingga mencapai 15 miliar rupiah.

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin