Ulasan

Setelah Umumkan Dee Lestari, Palnam Bakal Duluan “Digoncang” Penulis Muda Faisal Oddang

TandaPetik.Com – Tidak cukup satu penulis saja sepertinya yang dihadirkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2019. Setelah menginformasikan Dee Lestari bakal datang pada bulan April, mereka juga mengundang Penulis kenamaan Faisal Oddang untuk mengadakan lokakarya penulisan cerita pendek pada Minggu pertama bulan Januari 2019 nanti.

Faisal Oddang, penulis dari Makassar yang mendapat anugerah Penulis Cerpen Terbaik Kompas 2014, Pemenang Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2014, serta Tokoh Seni Tempo 2015–dan sebagai penulis muda Faisal juga mendapatkan penghargaan Asean Young Writers Award 2014 dari Pemerintah Thailand.

Lokakarya penulisan cerpen tersebut akan menyasar peserta dari kampus dan sekolah beserta pengajar atau masyarakat umum di Kalsel. “Acaranya akan dibagi dua tahap. Tahap pertama, peserta akan diberi materi teknis untuk menulis, selanjutnya karena ini konsepnya lokakarya maka peserta akan menulis langsung di tempat acara, hasil karya peserta akan diseleksi kemudian diedit sehingga layak untuk diterbitkan,” ungkap Hj Nurliani Dardie selaku kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan.

Di tempat terpisah, penulis muda kelahiran Wajo 18 September 1994 menjelaskan bahwa “Selain teknik menulis dan pendampingan kepada peserta, saya juga akan menyampaikan bagaimana pentingnya berjejaring dalam membangun kesadaran menulis dan membaca”. Hal itu Faisal ungkapkan sejalan dengan pengalamannya mengikuti kegiatan penulisan di dalam dan luar negeri. Faisal yang baru saja pulang dari Amerika Serikat setelah mengikuti Iowa International Writing Program 2018 selama tiga bulan, juga akan melakukan residensi di Jerman pada bulan Februari 2019 atas dukungan Literary Colloquium Berlin, dan sebulan kemudian akan mewakili Indonesia di London Book Fair.

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin