Sosok
Trending

Selamat Jalan John Tralala, Karyamu Akan Selalu Dikenang

Seniman Madihin Kalsel Meninggal Dunia

TandaPetik.ComKabar meninggalnya John Tralala, salah seorang seniman Madihin dari Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berdomisi di Banjarmasin tersebar dengan cepat melalui sosial media setelah putrinya, Yuwanda Yusnita Tralala mengabarkan berita duka ini melalui Insta Storynya, @yuandatralala.

“Innalillahiwainnailaihirojiun semoga bapa di tempatkan Allah di surga paling indah (emoji menangis),” tulisnya.

Dari berbagai informasi yang dikumpulkan, John Tralala, lelaki yang memiliki nama asli H Yusran Efendi meninggal dunia selasa, (26/6/2018 pagi disebabkan karena sakit jantung. Menurut putranya, Hendra, almarhum John Tralala akan dikuburkan di alkah keluarga di Pasar Arba, Pemangkih, Rabu (27/6/2018).

Sebelumnya, John Tralala dikabarkan sakit dan dirawat di RS Bhayangkara Banjarmasin dan akhirnya meninggal dunia.

Bagi Anda yang belum tahu siapa itu John Tralala, jika Anda ketik di mesin pencarian google, maka akan banyak ditemukan John Tralala di atas panggung menampilkan kepiawaiannya sebagai seniman pantun tutur Banjar yang sangat disukai banyak orang. Dokumentasi video penampilannya banyak diunggah di youtube.

Karier John Trala Sebagai Pemadihinan

Menariknya, sebagai pemadihinan (bahasa Banjar: pemain Madihin), John Tralala membawakan Madihin dengan kocak secara spontanitas menyesuaikan konteks keseharian. Meski demikian, John Tralala melakukan semua itu tanpa meninggalkan pakem Madihin yang berisi syair-syair pantun nasihat.

Melansir Wikipedia, Karier di dunia lawak dimulai saat John Tralala membentuk grup lawak John Tralala Group pada tahun 1980 dan beranggotakan 3 personel pria (satu di antaranya adalah anaknya, Hendra Tralala). Sejak saat itu, grup lawak ini telah dua kali menjuarai lomba lawak tingkat nasional (terakhir tahun 2001).

Setelah menjadi ikon pelawak di Banjarmasin dan sekitarnya, ia mengubah konsep lawakannya sekaligus mengenalkan budaya daerah Banjarmasin, Madihin, menjadi konsep Madihin yang bernuansa humor.

Selamat Jalan John Tralala

Melalui artikel ini, TandaPetik.Com menyampaikan turut berduka cita kepada pihak keluarga dan kerabat yang ditinggalkan. Semoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT. Amin. Insya Allah, segala perjuangannya memperkenalkan kesenian tradisi Banjar dan karya-karyanya tak akan dilupakan oleh masyarakat Kalsel.

Berikut kami tampilkan beberapa aksi John Trala ketika di atas pentas. Selamat menikmati.

 

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

Artikel Berkaitan

One Comment

  1. Inalillahi wa innailaihi rojiun

    Om John selalu gemar membuat orang tertawa, bahkan Abah Guru sekumpul selalu menyinggung beliau dalam ceramahnya.

    Pian om John, orang paling berjasa dalam dunia kesenian, terutama dalam bidang Madihin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin