Olahraga

Sehoror Apa Sih Lawan Garuda Asia di Grup C AFC Championship 2018?

21-27 November 2018 mendatang, Garuda Asia akan melakoni laga di Grup C AFC Championship 2018, Malaysia

TandaPetik.Com – Tidak sampai sebulan lagi, Timnas Indonesia U-16 akan merumput di ajang Asian Football Confederation Championship (AFC Championship 2018).  Perhelatan sepak bola antara negara di Asia ini akan dihelat di Malaysia.

Pengundian Grup AFC Championship U-16 2018, sudah dilaksanakan sekitar sebulan yang lalu. Garuda Asia (julukan timnas Indonesia U-16) sendiri tergabung di grup C bersama Iran, Vietnam dan India. Garuda Asia akan melakoni laga di Grup C pada tanggal 21-27 November 2018 mendatang.

Lawan-lawan yang akan dihadapi David Maulana Cs, bukanlah lawan yang sembarangan, bahkan ada sebuah pemberitaan yang menyebutkan kalau Garuda Asia berada di grup neraka. Tapi benar kah lawan-lawan yang akan dihadapi oleh Garuda Asia di AFC Championship U-16 2018 sangat horor, sehingga sampai-sampai tim asuhan Fakhri Husaini disebut-sebut berada di grup neraka?

Pembagian Grup AFC Championship 2018

Untuk menjawab itu, mari kita mencoba melihat sepak tanduk lawan-lawan Garuda Asia di Grup C dalam keikutsertaan mereka di AFC Championship U-16 yang di tahun ini sudah memasuki edisi ke-18 semenjak dilaksanakan pada tahun 1985.

Mari kita kupas satu per satu tim-tim lawan Garuda Asia di Grup C AFC Championship U-16 2018.  Pertama mari kita kupas tentang Iran yang akan menjadi lawan Garuda Asia di pertandingan pertama Grup C yang akan dilaksanakan pada 21 September mendatang.

Kalau berkaca pada sejarah perjalanan mereka di AFC Championship U-16, Iran bisa dikatakan sebagai lawan terkuat Garuda Asia di Grup C.  Dari 17 edisi AFC Championship U1-6 yang sudah berlalu, Iran sudah 11 kali ikut serta.  Capaian prestasi mereka juga merupakan yang terbaik dari 3 tim pesaingnya di Grup C.

Dari segi prestasi, Iran sudah 5 kali berhasil melaju ke babak 4 besar (semi final). Tim ini sudah pernah merasakan indahnya menjadi juara AFC Championship U-16, tepatnya pada tahun 2008. Saat itu mereka berhasil melaju ke partai final dan berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2-1.

Di AFC Championship U-16 2016, di India, Iran berhasil kembali melaju ke partai final namun hanya menjadi runner up setelah kalah dari Irak.  Di partai final ini mereka harus mengakui kekuatan tim Negeri 1001 Malam dalam drama adu penalti dengan skor 3-4, setelah di waktu  normal sebelumnya bermain imbang 0-0.

Prestasi lainnya, Iran pernah juga menjadi runner up, tepatnya pada AFC Championship U-16 2000 di Vietnam.  Mereka berhasil melaju ke partai final dan bertemu Oman.  Di partai final ini mereka menelan kekalahan 0-1 dari Oman.  Prestasi lainnya, mereka duduk di posisi ke-4 saat AFC Championship U-16 2004 di Jepang.  Iran harus mengakui kekuatan Qatar pada partai perebutan posisi ke-3 dengan skor 1-2.

Di tahun 2012, sebenarnya Iran juga berhasil melaju ke partai semi final, namun karena ada perubahan kebijakan kalau tidak ada perebutan juara ke-3 semenjak 2008, Iran tidak menjalani perebutan tempat ke-3 dengan Irak yang pada tahun itu juga harus kalah di partai semi final.

Di edisi ke-18 ini, Iran mendapatkan tiket ke putaran final AFC Championship U-16 2018 di Malaysia, setelah berhasil menjadi juara babak kualifikasi Grup C.

Selanjutnya lawan yang akan dihadapi Garuda Asia adalah Vietnam. Vietnam akan menjadi lawan David Maulana Cs di pertandingan kedua Grup C yang dilaksanakan pada 24 September 2018.

Catatan keikutsertaan Vietnam di AFC Championship U-16 bisa dikatakan lebih bagus dari Indonesia.  Dari 17 edisi AFC Championship U-16, Vietnam sudah ikut serta sebanyak 7 kali. Mereka juga pernah menjadi tuan rumah saat penyelenggaran AFC Championship U-16 edisi ke-9 di tahun 2000.

Tahun ini, Vietnam lolos ke putaran final AFC Championship U-16 2018, Malaysia, setelah pada babak kualifikasi penyisihan berhasil menjadi runner up Grup I.  Dari segi prestasi, Vietnam baru satu kali pernah melaju sampai babak semi final.  Capaian prestasi tersebut mereka torehkan saat menjadi tuan rumah di tahun 2000.  Vietnam gagal melaju ke partai final, bertanding di perebutan tempat ke-3, Vietnam kalah 2-4 dari Jepang.

Namun, walau catatan prestasi Vietnam tidak sebagus Iran di AFC Championship U-16, Vietnam memiliki catatan prestasi yang sangat bagus untuk level Asia Tenggara (AFF Championship U-16). Vietnam memiliki catatan prestasi yang sangat bagus jika dibandingkan dengan Indonesia  di level AFF Championship U-16, mereka sudah pernah menjadi juara sebanyak 3 kali dan berada di posisi 2 sebagai Negara-negara yang memiliki prestasi bagus di kancah persepakbolaan Asia Tenggara.

Lawan Timnas Indonesia U-16 selanjutnya adalah India.  Negara Bollywood ini berhasil melaju ke putaran final AFC Championship U-16 2018, Malaysia, setelah berhasil menjadi runner up Grup D pada babak kualifikasi.

India dalam catatan keikusertaan di AFC Championship U-16, sudah pernah 8 kali ikut serta.  Terakhir India ikut serta pada AFC Championship U-16, 2016, yang mana mereka menjadi tuan rumah.  Dari segi prestasi di AFC Championship U-16, capaian terbaik India yakni melaju ke partai perempat final AFC Championship U-16 2002, di Uni Emirat Arab.

Walau prestasi India tidak sebagus Iran dan Vietnam, Garuda Asia tetap tidak bisa menganggap enteng.  India dalam 10 kali uji coba terakhir jelang AFC Championship U-16 2018, selalu beruji coba dengan Negara-negara kuat di Asia.  Terakhir, India berhasil mengalahkan Kamerun dengan skor 2-1 pada tanggal 22 Agustus 2018, bahkan Irak yang menjadi juara bertahan AFC Championship U-16,  mereka kalahkan 1-0 saat melakukan pertandingan uji coba pada tanggal 5 Agustus 2018.

Melihat kekuatan lawan yang akan dihadapi di pertandingan Grup C mendatang, Garuda Asia memang secara di atas kertas sedikit tertinggal.  Namun, perlu diingat pula generasi dari masa ke masa akan berbeda, Garuda Asia sekarang mungkin berbeda dengan Garuda Asia di generasi sebelumnya.  Garuda Asia tidak perlu merasa rendah diri, terbukti Garuda Asia baru-baru ini menjadi juara di AFF Championship U-16 2018.  Bahkan Vietnam juga mereka kalahkan dengan skor 4-2, selain itu juga di Final AFF Championship U-16 2018 berhasil mengalahkan Thailand dalam drama adu penalty.

Tags

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin