Esai

Sabyan Gambus Cover dan Aransemen A’touna Et-Tufoole

Tentang Derita Anak-Anak Korban Peperangan

TandaPetik.ComSabyan Gambus kemarin,1 Agustus 2018 kembali mengupload video cover lagu terbaru di Channel YouTube mereka berjudul “A’touna Et-Tufoole”.

A’touna Et-Tufoole memiliki arti “Beri Kami Masa Kecil” ini, menggambarkan bagaimana anak-anak yang berada di kecamuk peperangan merasa kehilangan masa kecil mereka yang seharusnya penuh dengan kebahagiaan dalam bermain.

Peperangan justru mengakibatkan kehancuran, anak-anak kecil itu menyaksikan bangunan yang porak poranda, genangan darah, tangisan, kematian, ledakan bom di sana sini, peluru beterbangan yang sewaktu-waktu bisa merenggut nyawa mereka sendiri.

Dalam deskripsi yang dituliskan di channel youtube mereka, dituliskan cover lagu berjudul A’touna Et-Tufoole merupakan sebuah lagu yang berharap adanya kedamaian untuk semua anak-anak di dunia, khususnya di Palestina, Suriah dan Negara lainnya yang sedang dalam peperangan.

Dalam video yang mengiringi Nisa dan Annisa bernyanyi disajikan bagaimana gambaran yang terjadi di Palestina.  Porak porandanya bangunan dengan bendera Palestina yang hancur berkibar di tengahnya. Begitu pula dengan kondisi anak-anak kecil tak berdosa yang harus menanggung beban menyaksikan kepedihan akibat perang.  Mereka kehilangan waktu indah di masa kecil mereka yang harusnya diisi dengan bermain.

Video tersebut memperlihatkan, bagaimana seorang anak kecil yang menangis seakan sulit baginya untuk mendapatkan kebahagiaan walau sekadar untuk tertawa, karena (mungkin) kedua malaikat pelindungnya sudah berpulang menghadap ke haribaan Tuhan akibat peluru dan bom yang melumat tubuh mereka.

Begitu menyedihkan, sampai-sampai untuk membayangkan pun tidak akan sanggup bagaimana kehidupan di sana. Setiap hari penuh dengan bau anyir darah, dentuman ledakan bom, desing peluru dari berbagai arah, bangunan yang ambruk dan sebagainya. Seperti itulah apa yang disampaikan oleh personel Gambus pada akhir-akhir video mereka.

Memang, secara pribadi saya juga sulit membayangkan bagaimana kehidupan anak-anak yang berada di tengah peperangan seperti Palestina dan Suriah serta Negara lainnya.  Bagaimana setiap harinya harus melihat darah dari tubuh tak berdosa ketika tertembus peluru, belum lagi jika melihat tubuh yang hancur terkena ledakan bom, bangunan-bangunan yang runtuh kena ledakan bom, tangisan-tangisan dari semua orang yang kehilangan sanak keluarga.

Melalui lagu A’touna Et-Tufoole, digambarkan bagaimana anak-anak di sana menginginkan adanya kedamaian hadir menyelimuti kehidupan mereka. A’touna Et-Tufoole memang sebuah lagu lama dari luar, namun dengan dicover oleh Sabyan Gambus diharapkan dapat menumbuhkan rasa simpati dan empati kita terhadap kondisi anak-anak di tengah peperangan yang sangat menginginkan sekali adanya kedamaian.

Video cover Sabyan “A’touna Et-Tufoole” yang baru diupload di Channel Youtube Sabyan pada 1 Agustus kemarin, saat artikel ini ditulis sudah ditonton sebanyak 649.565 kali dan 84 ribu suka (like).

Baca juga Artikel Berikut:

Artikel Berkaitan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin