Ulasan

Perpusnas RI Bakal Sosialisasikan Pembudayaan Gemar Membaca

TandaPetik.Com – Dalam upaya memasyarakatkan dan mempromosikan perpustakaan dan budaya gemar membaca secara langsung kepada masyarkat, Perpustakaan Nasional RI bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan terus getol melakukan berbagai upaya. Kali ini, Kamis, 18 Oktober 2018 bakal ada acara sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca yang langsung disampaikan pihak Perpustakaan Nasional RI.

Acara yang rencananya dilansungkan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Km 6 Banjarmasin mengangkat tema Implementasi Program Revolusi Mental Menuju Indonesia Cerdas 2024.

Seyogianya sosialisasi ini mempunyai tujuan, hal ini dijelaskan dalam surat yang diterima Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Nurliani Dardie dari Perpustakaan Nasional RI. Dalam surat tersebut menjelaskan tujuannya dilaksanakan acara sosialisasi ini antara lain memberikan informasi pengetahuan untuk seluruh masyarakat bahwa buku dan membaca adalah salah satu kunci penting kemajuan bangsa Indonesia. Mengingat peran strategis orang tua /keluarga, sekolah dan masyarakat dalam menumbuhkan minat dan kegemaran membaca sejak usia dini.

“Selain itu, juga merangsang tumbuhnya proses belajar mengajar melalui pengembangan minat dan kegemaran membaca di dalam keluarga, sekolah dan komunitas. Serta, menunjukkan eksistensi dan peran strategis perpustakaan sebagai institusi penyedia bahan-bahan bacaan dan peningkatan kegemaran membaca masyarakat,” ucap Hj Nurliani Dardie sembari membacakan surat dari Perpustakaan Nasional RI tersebut.

Target peserta untuk acara sosialisasi ini hanya 100 peserta terdiri dari guru Paud, Guru sekolah, pengelola perpustakaan sekolah, pengelola perpustakaan desa/kelurahan, pustakawan, pegiat literasi, pengelola taman baca, organisasi profesi, PKK, karang taruna, budayawan, tokoh agama, tokoh adat dan pewakilan media.

Tags

ardian

Saya adalah penggemar segala hal. Satu hal yang tidak saya gemari, berpikir!

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin