Tips dan Trik

Pengalaman Baca Buku Digital Lewat Aplikasi Android iKalsel

Tutorial Instalasi Aplikasi Perpustakaan Buku Digital iKalsel

TandaPetik.Com – Kemeriahan merayakan buku elektronik (eBooks) sebenarnya sudah berlangsung 10 tahunan yag lalu. Saat itu, dengan mudahnya pengguna internet cukup mengetik eBook gratis Indonesia, maka tersajilah dalam mensin pencari google situs-situs yang menyajikan eBook gratis.

Hanya saja, kemeriahan itu justru banyaknya beredar buku digital yang melanggar hak cipta. Khususnya buku-buku best seller Indonesia dibajak dalam bentuk eBook gratisan. Dan, sudah lumrah jika dihadapkan dengan pelanggaran hukum online, pemerintah kita selalu terlambat mengantisipasi hal tersebut. Bahkan, sampai sekarang pun pembajakan dalam bentuk eBook masih banyak kita jumpai.

Baiklah, anggap saja itu sebagai pengantar. Dalam tulisan ini saya akan menceritakan pengalaman menggunakan aplikasi Android iKalsel yang konon di dalam sana banyak tersimpan berbagai macam buku digital koleksi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan.

Mengenal Apa Itu Aplikasi Android iKalsel?

iKalsel adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. iKalsel merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook.

Dengan fitur-fitur media sosial Anda dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain. Anda dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang Anda baca, menyampaikan ulasan buku serta mendapatkan teman baru. Membaca ebook di iKalsel jadi lebih menyenangkan karena Anda dapat membaca ebook secara online maupun offline.

Tampilan iKalsel?

Tampilannya menarik, begitu kata teman saya ketika berhasil menginstal aplikasi Android ini. Untuk pemilihan warna, desain cukup kekinian dan tidak menyakitkan mata. Kalau saya pribadi menilai, tampilan sih nomor dua, kalau urusan produk teknologi, saya selalu tertarik untuk menguji coba fungsinya terlebih dahulu.

Cara Mendaftar di Aplikasi iKalsel

Sebelum mendaftar sebagai pengguna di aplikasi ini, silakan unduh aplikasi iKalsel di situs resmi milik google app store. Klik di sini.

2. Setelah berhasil mengunduh, Anda akan disapa dengan tampilan seperti di bawah ini: Tekan saja, Mulai Sekarang!, Selanjutnya, untuk menemui koleksi buku digital di dalamnya.

Tampilan Aplikasi Android iKalsel

3. Koleksi buku digital iKalsel akan langsung terlihat. Disajikan dengan menampilkan sampul buku, judul buku, nama penulis, jumlah pembaca dan jumlah ulasan. Seperti gambar di bawah ini:

4. Silakan pilih-pilih buku yang akan Anda baca atau pinjam. Perlu diingat, karena ini aplikasi milik perpustakaan, kata yang tepat adalah meminjam dan Anda nantinya harus mengembalikan. Nah, untuk meminjam buku-buku di iKalsel, Anda harus terdaftar dulu di aplikasi tersebut. Silakan klik salah satu buku digitalnya, maka akan muncul perintah login/masuk seperti di gambar bawah ini:

Anda bisa masuk dengan menggunakan akun facebook dan email. Namun ketika saya mencoba mengintegrasikan akun facebook saya, terjadi kesalahan invalid key hash seperti gambar di bawah ini yang sebaiknya harus segera diperbaiki pihak developer.

Jika hal tersebut di atas juga terjadi kepada Anda, apa yang harus dilakukan? Saya coba untuk melakan pendaftaran via email. Namun, saya lagi-lagi mendapatkan kesulitan akibat menu pendaftaran via email tidak tersajikan. Berikut gambarnya:

Perhatikan. Anda diminta memasukan email dan password. Itu jika Anda sudah terdaftar. Bagi yang belum terdaftar, lantas bagaimana? Tidak ada menu mendaftar (register). Jujur, sampai di sini saya sempat frustasi. Masuk lewat facebok ternyata eror, lewat email tidak ada menu pendaftaran.

Mengingat saya pengguna yang gigih, tidak langsur nyinyir atau membanting ponsel, maka berikut cara saya melakukan pendaftaran dengan cara abnormal di aplikasi iKalsel.

Isi saja dengan email sembarang, termasuk pada bagian kata sandi (passwordnya). Saya akan memanfaatkan pesan error dari aplikasi ini untuk melakukan pendaftaran. Bagi Anda pembaca artikel ini, jika nanti aplikasi sudah disempurnakan oleh pihak developer, sudah ada menu pendaftaran jelas di depan mata, jangan ikuti cara abnormal ini.

Nah, terlihatkan menu yang bertuliskan “Registrasi Sekarang”. Sebenarnya itu yang saya cari-cari sejak awal. Kenapa tidak ditampilkan di bagian depan? Bagi pengguna yang belum melek teknologi, aplikasi ini akan mengakibatkan darah tinggi. Semoga aspirasi saya ini didengar oleh pihak developernya.

5. Untuk terdaftar di aplikasi iKalsel. Silakan masukan nama Anda, nomor telpon, dan kata sandi seperti gambar di bawah ini.

Kalau sudah bertemu dengan kebijakan lisensi, klik terima (accept) berarti Anda sudah siap-siap terdaftar. Ikuti saja petunjuk selanjutnya.

6. Untuk meminjam buku, silakan klik pada sampul bukunya dan Anda akan dibawa ke halaman seperti gambar di bawah ini:

Pertama, klik pinjam, akan muncul notifikasi sukses dan silakan melakukan pengunduhan/download. Setelah selesai, buku digital yang Anda unduh sudah bisa dibaca.

7. Catatan dan saran untuk developer:

  1. Penempatan menu pendaftaran sebaiknya dipermudah
  2. Buatkan bookmark / pembatas bukunya, agar pembaca mudah menandai halaman yang baru dibacanya ketika nanti akan melanjutkan lagi.

Baiklah, sampai di sini tutorial menggunakan aplikasi Perpustakaan Buku Digital iKalsel yang dipersembahkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Selamat membaca buku gratis.

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

harie insani putra

Penulis kambuhan. Kadang menulis dengan jurus mabuk.

Artikel Berkaitan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin