Esai

Pantas Orang Tua Ingin Saya Jadi PNS, THR Banyak Sih

TandaPetik.Com – Beberapa hari lalu, saya mendengar dengan adanya kenaikan THR PNS (Pegawai Negeri Sipil). Enak, memang terbilang enak. Apalagi tahun ini katanya dilipatgandakan.

Disalah satu Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan saja, menurut berita yang saya baca hampir 20 miliar diambil dari APBD digelontorkan hanya untuk memberikan THR bagi ‘Pelayan Negara’ tersebut. Kata teman saya yang honorer, itu kalau dibelikan onde-onde Bukhari bisa berapa banyak. Pelayan tapi gajinya tinggi. Jangan salah duga juga, dengan uang miliar masih dibagi dengan 5 ribuan pegawai lainnya, paling dapatnya 4 juta masing-masing orang. Lumayan buat beli onde-onde.

Dalam berita itu juga disebutkan, seorang kepala dinas mendapatkan tunjangan tahun lalu sebanyak 6 juta rupiah. Kalau dikali duakan tahun ini yah bisa sampai belas-belasan juta. Itu kalau dibelikan onde-onde lumayan banyak juga sih. Mendapatkan kabar segar ini, apalagi dapatnya masih saat puasa bagai disiram air dingin di panasnya hari. Menariknya, tahun ini pegawai honorer juga mendapatkan porsi tunjangan yang cukup meski itu hanya sebatas lisan seorang Mentri kepada media. Andai itu pasti, betapa girangnya teman saya tadi. Bisa juga beli onde-onde seperti pegawai negeri sipil.

Beranjak dari sana banyak berlomba-lomba untuk menjadi PNS, yah begitulah. Kalian tahu sendirilah, bagi orang tua pastinya ingin kamu jadi seperti mereka kan. Bisa ngutang di bank dengan jaminan SK, meski tidak banyak melakukannya.

Saya sempat dibujuk orang tua untuk menjadi seorang PNS, tapi itu hanya kehendak mereka bukan dari diri sendiri. Berjuang tanpa keinginan sendiri pasti tidak lah sama hasilnya, yah walaupun kedoknya membahagiakan orang tua. Membahagiakan orang tua menurut saya, tidak mesti menjadi pegawai negeri, buktinya sudah banyak juga. Kalian menghasilkan jutaan rupiah dengan berjualan onde-onde dan memberikan kado umrah kepada orang tua itu juga membahagiakan namanya.

Ah, pasti yang punya tulisan ini juga menyesal tidak jadi pegawai negeri. Ya iyalah menyesal, kan THR-nya lumayan. Dua kali lipat lagi.

Hampir semua teman-teman saya berjuang untuk menjadi seorang PNS, namun mereka tidak sendiri. Bedasarkan data dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada tahun 2017. Jumlah pelamar yang mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 2.433.656 orang. Dari jumlah itu, hanya 33.155 orang yang lolos seleksi.

Segitu banyaknya para pelamar, saya minder dan pesimis untuk menjadi ‘pelayan negara’ meski itu harus mengorbankan kebahagian orang tua. Kalian jika masih mengikuti CPNS, tetap saya acungi jempol dengan bersaing dengan ribuan orang yang memperebutkan kursi nyaman setelah pensiun. Tapi jangan patah arang jika tidak bisa lulus seperti orang-orang yang akan menikmati uang tunjangannya nanti.

Jadi PNS Tidak Banyak Duit, Masih Banyak Pekerjaan Gajihnya Mahal

Kenapa, saya berani sekali menuliskan PNS tidak mendapatkan banyak uang. Kalau dihitung-hitung, paling banter gajihnya hanya 6 juta per bulan ditambah tunjangan ini itu, ditambah tujangan kepada wartawan bodrex yang minta jatah dan salam tempel, yah berkurang lagi tuh bulanannya.

Alternatif selain pekerjaan selain menjadi pegawai masih banyak. Seperti misalnya, pilot pesawat komesrial digajih dengan rata-rata Rp 47,5 – 60 juta per bulan. Kelihatannya, sulit jadi pilot. Ada pekerjaan paling mudah dan digajih mahal yakni menjadi anggota DPR dengan gajih Rp 46 juta per bulan atau Rp 554 juta per tahunnya. Pasti kalian tahulah kenapa mudah.

Dari sekian banyaknya pekerjaan di dunia ini, masih saja ada berpikir menjadi PNS itu mempunyai banyak uang dengan berbagai tunjangannya. Ingat bagi para pegawai negeri sipil yang baca tulisan ini, THR-nya bagi-bagi ya. hehe.

Tags

ardian

Saya adalah penggemar segala hal. Satu hal yang tidak saya gemari, berpikir!

Artikel Berkaitan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin