Ekonomi

Pajak UMKM Sekarang Cuma 0,5% Loh, Kata Sri Mulyani

UMKM Tulang Punggung Ekonomi Nasional

TandaPetik.Com – Gagasan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diharapkan menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Untuk mewujudkan harapan itu, lumrah jika pihak pemerintah diharapkan agar selalu bisa memfasilitasi pelaku UMKM, mulai dari kemudahan akses permodalan, perizinan, hingga manajemen bisnis.

Selama ini, jika melihat fakta di lapangan, baik pemerintah daerah maupun pusat memang tampak berusaha selalu mendorong para pelaku UMKM agar bisa bersaing dalam dunia bisnis.  Namun, para pelaku UMKM tentunya tidak hanya memerlukan dorongan sekadar motivasi, tapi juga wujud konkrit yang menjadi kendala para UMKM dalam bergerak dan berkegiatan.

Dari informasi pemberitaan terbaru, baru saja pemerintah pusat menurunkan pajak penghasilan UMKM dari 1 persen menjadi 0,5 persen. Apakah ini strategis?

Banyak pihak menilai kebijakan pemerintah yang dianggap mampu meningkatkan pertumbuhan UMKM adalah memang dengan penurunan jumlah pajak yang diberlakukan terhadap mereka. Penurunan pajak penghasilan untuk UMKM diharapkan mampu meningkatkan kontribusi mereka terhadap jumlah Pendapatan Domestik Bruto ( PDB).

Nah, tampaknya harapan besar pemerintah terhadap pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian negara bukan sekadar isapan jempol.

, Melalui laman twitter Menteri Keuangan, Sri Mulyani, informasi penurunan pajak UMKM ini pun terus ia sampaikan. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berkeyakinan kebijakan ini akan dapat mendorong dan mengembangkan usaha kecil.

Jika sebuah transaksi telah dikenakan PPh Final, maka tidak ada lagi tarif progresif, tidak ada biaya yg harus dikurangkan & tidak lagi dikreditkan di SPT Tahunan. Pph final UMKM 0,5% mendorong pelaku usaha kecil untuk berkembang,” tulis Sri Mulyani.

Semoga saja dengan penurunan nilai pajak bagi UMKM ini bisa lebih menggairahkan pelaku UMKM di Indonesia dan memperkuat benteng perekonomian negara kita.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin