Olahraga

Misi Balas Dendam Kroasia Atas Prancis di Semi Final Piala Dunia 1998

Di Piala Dunia 1998, Kroasia harus takluk dari Prancis di Babak Semi Final dengan skor 1-2.

TandaPetik.Com – 20 tahun silam di Piala Dunia 1998, Kroasia harus mengubur impian mereka untuk melaju ke final setelah dikalahkan Prancis yang bertindak sebagai tuan rumah dengan skor 1-2.  Di pertandingan tersebut, Kroasia sempat memimpin unggul 1-0 atas Prancis berkat gol yang dicetak oleh Davor Suker di menit 46, namun sayang keunggulan Kroasia hanya bertahan selama 1 menit.  Prancis berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 berkat gol Lilian Thuram di menit 47.

Mimpi Kroasia untuk melaju ke partai final piala dunia 1998 benar-benar terkubur selang 23 menit kemudian, tepatnya di menit ke-70 Thuram kembali menambahkan golnya di papan skor, yang membuat Kroasia tertinggal 1-2 dari Prancis.  Kedudukan 1-2 bertahan sampai peluit akhir pertandingan untuk kekalahan Kroasia, yang membuat Prancis lolos ke partai final berhadapan dengan Brasil.  Di partai final ini Prancis menang 3-0 atas Brasil, dan membuat mereka menjadi Juara.

Di piala dunia 2018, nampaknya menjadi sebuah ajang balas dendam bagi Kroasia untuk membalas kekalahan mereka di partai Semi Final 20 tahun silam.  Namun, balas dendam yang mereka lakukan tidak lagi di partai semi final namun di partai Final yang akan dilaksanakan 15 Juli mendatang.  Di partai final ini, Kroasia kembali bersua dengan Prancis di partai final.

Tentunya ini menjadi partai sangat penting untuk Kroasia, selain merupakan final pertama mereka di Piala Dunia juga menjadi partai mereka untuk balas dendam di semi final tahun 1998.  Langkah Kroasia melaju ke partai final Piala Dunia 2018 memiliki catatan yang bagus.  Di fase grup, Kroasia berhasil meraih angka penuh dari 3 pertandingan yang dilakukan di grup D. Di grup D, Kroasia berhasil menang atas Nigeria (2-0), Argentina (3-0) dan Islandia (2-1).

Di babak 16 besar, Kroasia berhasil menumbangkan Denmark melalui adu penalti (3-2) setelah bertanding selama 120 menit dengan skor 1-1.  Selanjutnya di babak 8 besar, mereka berhasil menumbangkan perlawanan tuan rumah (Rusia) juga melalui drama adu penalti.  Di drama adu penalti, Kroasia berhasil menang atas Rusia dengan skor 4-3, setelah di waktu normal dan tambahan bermain imbang 2-2.

Di partai Semi Final, Luka Modric dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 2-1.  Kemenangan atas Inggris mereka raih setelah berhasil membobol gawang Inggris di babak tambahan waktu (2×15 menit).

Keberhasilan Luka Modric dan kawan-kawan melaju ke babak final Piala Dunia 2018, Rusia, menjadi catatan terbaik mereka setelah sebelumnya berhasil melaju ke semi final 1998, Prancis.  Di final ini apakah mereka berhasil membalas kekalahan di semi final 20 tahun silam dan merangkul gelar juara pertama, atau malah mereka kembali dipecundang oleh Prancis yang mengincar gelar kedua mereka? Atau malah Kroasia membuktikan siklus 20 tahunan Piala Dunia melahirkan juara baru?

Sepertinya sangat disayangkan sekali jika kita harus melewatkan menyaksikan pertandingan final piala yang diagendakan secara rutin dalam 4 tahun sekali ini.  Mari kita saksikan dan menjadi saksi di pertandingan final ini, apakah Luka Modric cs atau Hugo Lloris Cs yang akan mengangkat Tropi Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskwa, Rusia?

Baca juga Artikel Berikut:
Tags

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin